Sabtu 23 Jan 2021 11:44 WIB

Ketua MES: Keuangan Syariah Indonesia Tumbuh Pesat

Tahun lalu keuangan syariah Indonesia tumbuh 21,58 persen.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)  Wimboh Santoso
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Wimboh Santoso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Wimboh Santoso menyatakan, perkembangan keuangan syariah di Indonesia terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Hal itu menunjukkan potensi besar Indonesia dalam sektor keuangan syariah sehingga harus terus mendapatkan dukungan dari pemangku kepentingan.

Wimboh mengatakan, pertumbuhan keuangan syariah secara keseluruhan pada 2020 yang mencapai 21,58 persen naik dari tahun sebelumnya sebesar 13,84 persen. Khusus pada pembiayaan perbankan syariah mengalami pertumbuhan 9,5 persen di saat adanya kontraksi pembiayaan bank konvensional sebesar minus 2,41 persen.

Baca Juga

"Keuangan syariah sudah tumbuh lebih bagus dari ekonomi nasional," kata Wimboh dalam Pembukaan Musyawarah Nasional V MES yang digelar secara virtual, Sabtu (23/1).

Adapun pada 2019 lalu, laju pertumbuhan ekonomi syariah Indonesia tercatat 5,27 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,02 persen. Karena itu, menurutnya, pemerintah memiliki fokus untuk terus mengembangkan ekosistem syariah lewat industrialisasi produk halal Indonesia.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement