Kamis 26 Nov 2020 07:25 WIB

Margin Menyusut, China Batalkan Impor Kedelai dari AS

China adalah importir kedelai terbesar di dunia.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi kedelai
Ilustrasi kedelai

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sejumlah importir dan pengolah kedelai di China ingin membatalkan kesepakatan pembelian kedelai dari AS untuk pengiriman Desember dan Januari. Pembatalan itu lantaran adanya penyusutan margin pemrosesan menyusul penurunan harga komoditas di pasar berjangka Chicago, kata tiga sumber perdagangan, dikutip dari Reuters, Kamis (26/11).

Ini menjadi tanda pertama dari melambatnya permintaan China setelah pembelian selama lima bulan yang dikombinasikan dengan kekeringan di produsen utama Brasil untuk menambahkan lebih dari seperempat untuk benchmark Chicago berjangka sejak tahun panen dimulai pada 1 September 2020.

Baca Juga

China adalah importir kedelai terbesar di dunia, terhitung lebih dari 60 persen pengiriman di dunia. "Para importir kedelai swasta kecil mencoba untuk menghapus pengiriman kedelai AS pada bulan Desember dan Januari karena margin yang menghancurkan telah berubah menjadi negatif," kata seorang pedagang di pengolah kedelai terkemuka di China, dilansir dari US News.

"Ini untuk importir yang membeli kargo tapi tidak (menetapkan) harganya di pasar berjangka," katanya menambahkan.

Kedelai dihancurkan untuk dijadikan minyak, digunakan terutama untuk memasak, dan soymeal, pakan ternak yang penting untuk sektor babi dan unggas. China meningkatkan impor kedelai ke rekor tahun ini karena membangun kembali peternakan babi yang dihancurkan oleh demam babi Afrika yang mematikan pada 2018 dan 2019.

Beijing juga telah mempercepat pembelian kedelai AS untuk mematuhi Fase 1 dari kesepakatan perdagangan AS-China yang menyerukan peningkatan besar-besaran dalam pembelian barang pertaniannya. Kedelai secara historis menjadi ekspor pertanian AS yang paling berharga.

Margin domestik yang menguntungkan dikombinasikan dengan harga kedelai AS yang rendah selama beberapa tahun musim panas ini memicu pembelian kuat China atas pasokan AS dari Agustus, memastikan bahwa ekspor AS ke China memulai tahun panen 2020-2021 dengan rekor tercepat. Namun, kenaikan tajam harga bulan ini mulai mengikis antusiasme pembeli.

Sementara harga ekspor kedelai AS telah menyamai kenaikan pasar berjangka bulan ini, tingkat basis ekspor, atau premi di atas kontrak berjangka yang harus dibayar pembeli untuk mengamankan pasokan, telah turun lebih dari 30 persen. Ini menunjukkan berkurangnya persaingan di antara pembeli.

Dua sumber lagi di China mengkonfirmasi bahwa beberapa importir mencoba untuk "membasuh", istilah yang digunakan ketika pembeli dan penjual sama-sama setuju untuk membatalkan kesepakatan.

"Masuk akal bagi importir swasta kecil untuk membatalkan karena mereka tidak menetapkan harga di pasar berjangka lebih awal," kata salah satu dari mereka, seorang manajer pengolahan kedelai skala besar yang berbasis di China selatan.

Harga kedelai telah didukung dalam beberapa pekan terakhir oleh ketidakpastian atas pasokan dari Brasil, yang menderita kondisi kering yang menunda penanaman hingga panen pada awal 2021.

Argentina, pemasok soymeal dan soyoil terbesar di dunia, juga menghadapi kekeringan, tetapi prakiraan baru-baru ini di seluruh Amerika Selatan telah memperbaiki prospeknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement