Senin 02 Nov 2020 16:48 WIB

Kuartal 4 2020 Jadi Titik Balik Industri Pariwisata

Akan ada banyak sekali destinasi baru yang akan naik daun pada kuartal empat

Rep: rahayu subekti/ Red: Hiru Muhammad
Petugas mengatur jarak kasur pantai di salah satu
Foto: ANTARA/FIKRI YUSUF
Petugas mengatur jarak kasur pantai di salah satu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-–Kuartal empat pada tahun ini akan menjadi momen pemulihan industri pariwisata setelah terdampak pandemi Covid-19. Co-Founder and CMO Tiket.com Gaery Undarsa mengatakan kuartal empat tahun ini bisa menjadi titik balik untuk industri pariwisata.

“Ini (kuartal empat) menjadi kuartal yang menentukan apakah industri pariwisata akan balik lagi seperti sebelum pandemi Covid-19,” kata Gaery dalam konferensi video, Senin (2/11).

Dia menuturkan, akan ada banyak sekali destinasi baru yang akan naik daun pada kuartal empat. Gaery yakin sebab pada kuartal ketiga menunjukan kemajuan yang positif. “Libur panjang kemarin itu, Yogyakarta ramai sekali. Banyak sekali orang ke sana, ada yang sepedaan dan lainnya, hotel-hotel penuh padahal dua bulan lalu Yogyakarta kosong,” kata Gaery.

Gaery menilai, nantinya akan banyak destinasi lokal yang akan menjadi favorit banyak. Bahkan, Gaery memprediksi pada kuartal empat akan terjadi peningkatan penjualan Tiket.com. “Kalau sekarang misal level okupansi hotel menyentuh 60 persen, kuartal empat nanti bisa tambah hingga 70 persen lebih,” ujar Gaery.

Meskipun begitu, Gaery menilai beberapa destinasi wisata di kota tertentu seperti Bali akan lebih lamban pulihnya. Dia menilai, hal tersebut dapat terjadi karena cukup jauh dan harus dijangkau menggunakan pesawat.“Yang pulih lebih dahulu yang bisa dijangkau jalan darat,” tutur Gaery.

Sebelumnya, Tiket.com mencatat peningkatan penjualan untuk tiket penerbangan dan hotel pada kuartal ketiga. Peningkatan tersebut mencapai 60 persen dibandingkan kuartal kedua. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement