Rabu 14 Oct 2020 07:39 WIB

UMKM Bumi Alumni Unpad Targetkan Pasar Lebih Luas

UMKM Alumni Unpad sudah membangun platform, baik itu digital maupun offline.

Sejumlah Alumni Padjadjaran (Unpad) mendirikan BUMI ALUMNI
Foto: istimewa/doc pribadi
Sejumlah Alumni Padjadjaran (Unpad) mendirikan BUMI ALUMNI

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Dewan Pembina Bumi Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) Umar Hadi, berharap pengurus lembaganya bisa mengembangkan komunitas UMKM Alumni Unpad ke arah yang lebih luas. Terlebih, UMKM Alumni Unpad sudah membangun platform, baik itu digital maupun offline, dan bahkan sudah menjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah dan pihak swasta.

"Apa lagi berdasarkan hasil pantauan melalui group di beberapa media sosial, terkait dengan geliat pelaku UMKM yang berasal dari Alumni Unpad ini sudah cukup aktif,” kata Umar, dalam siaran persnya, Rabu (14/10)

Umar mencontohkan, Koperasi dan UMKM di Korea Selatan sangat kuat menyokong proses produksi perusahaan besar seperti Samsung, Hyundai dan Daewoo. "Saya  juga telah melihat produk-prudk dari pelaku UMKM Alumni Unpad di platform digita IG (Instagram) dan meminta staffnya untuk melihat potensi produk-produk UMKM agar dapat menembus pasar di Korea Selatan," harapnya.

Salah satu pendiri Bumi Alumni Unpad, Ferry Mursyidan Baldan mengatakan lembaganya akan menjadi ruang kolaborasi energi Alumni Unpad. “Potensi besar untuk sinari Negeri,” kata mantan menteri ATR/kepala BPN itu.

Ketua Bumi Alumni, Ary Zulfikar menyampaikan, Bumi Alumni didirikan karena melihat banyaknya potensi produk-pruduk UMKM Alumni Unpad. Menurutnya, perlu ada organisasi yang lebih kuat untuk menampung potensi-potensi tersebut, sehingga, program bisa dilakukan secara sistematis dan bertanggungjawab.

Dari database yang ada, ada 690 alumni Unpad yang tergabung dalam UMKM Alumni Unpad. Jumlah ini akan terus bertambah seiring menguatnya Bumi Alumni.

Saat ini, alumni unpad yang telah bergabung dari lintas angkatan dan fakultas dalam platform digital umum: FB sebanyak kurang lebih 718 alumni, IG sebanyak 2.831 alumni, 3 WA group sebanyak kurang lebih 587 alumni. "Saat ini lagi dikembangkan platform digital mandiri yang dapat menampung aspirasi pelaku UMKM alumni unpad tanpa diskriminasi,” ujar Ary.

UMKM Alumni Unpad pun sudah menjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah dan pihak swasta. Untuk pemerintah, UMKM Alumni Unpad sudah menjalin kerja sama dengan kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Koperasi dan UKM dan sudah beberapa kali menyelenggarakan pembinaan dan peatihan dengan Komunitas UMKM Alumni Unpad untuk pengembangan UMKM yang lebih kuat.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement