Jumat 02 Oct 2020 11:21 WIB

Daster dan Masker, Produk Batik Terlaris di Tokopedia

Selama pandemi penjualan daster batik naik 3,5 kali lipat di Tokopedia.

Masker batik tercatat meningkat penjualannya di Tokopedia selama pandemi Covid-19.
Foto: Yulius Satria Wijaya/ANTARA
Masker batik tercatat meningkat penjualannya di Tokopedia selama pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan teknologi Tokopedia mengungkapkan masker dan daster batik menjadi produk batik terlaris di platform-nya berdasarkan data tren penjualan batik selama pandemi Covid-19. External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, penjual batik di platform-nya tidak berhenti menghadirkan inovasi produk yang lebih relevan dengan kondisi masyarakat saat ini.

“Terlihat dari produk batik paling laris di Tokopedia, yaitu masker dan daster atau baju tidur bermotif batik. Data tersebut sangat menggambarkan kebutuhan masyarakat yang sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk menghindari penularan virus Covid-19,” kata dia, Jumat (2/10).

Baca Juga

Data menunjukkan, daster atau baju tidur batik mengalami peningkatan penjualan lebih dari 3,5 kali lipat, jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi. Sementara itu, penjualan masker batik melonjak signifikan hingga lebih dari 20 kali lipat.

Ekhel berpendapat, pandemi Covid-19 menjadi momentum bagi para pegiat usaha di Indonesia khususnya UMKM menciptakan peluang dengan berinovasi. Terutama dari sisi produk maupun kanal penjualan, dari offline ke online.

Menurut dia, pegiat UMKM yang memanfaatkan kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi Covid-19. karena dapat menjaga kelangsungan bisnis sekaligus memastikan lapangan pekerjaan tetap tersedia.

“Saat ini, total sudah ada lebih dari 9 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100 persen-nya UMKM. Kami percaya, UMKM punya peran signifikan dalam pemulihan ekonomi negeri yang terdampak pandemi, mengingat UMKM adalah penyumbang lebih dari 60 persen pendapatan negara,” ujar Ekhel. Ia menambahkan bahwa UMKM yang bergerak di industri batik perlu didukung keberlangsunganya oleh semua pihak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement