Jumat 04 Sep 2020 05:37 WIB

Sinergi Siloam dan Lippo Hadirkan Program Merdeka dari Covid

Siloam hospital tawarkan paket serologi dalam program Merdeka dari Covid-19

Siloam hospital tawarkan paket serologi dalam program Merdeka dari Covid-19
Foto: Siloam
Siloam hospital tawarkan paket serologi dalam program Merdeka dari Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia sampai saat ini masih terus berhadapan dengan pandemi COVID-19. Hingga diberlakukannya vaksin, masyarakat masih harus hidup berdampingan dengan virus corona dan tetap menjalankan prosedur kesehatan terkait COVID-19 antara lain memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, hingga menjaga kesehatan diri dan juga melakukan tes rapid dan/atau PCR/Swab secara mandiri yang bertujuan untuk melakukan deteksi COVID-19. 

Sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia, Siloam Hospitals Group bekerja sama dengan unit usaha yang berada di bawah naungan Lippo Group meluncurkan program “Merdeka dari COVID-19” yang juga bertujuan untuk menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau bagi masyarakat. Program “Merdeka dari COVID-19” yang berlangsung hingga 18 September 2020 menawarkan pilihan paket tes serologi antibodi dengan harga terjangkau yaitu Rp 120 ribu. Adapun unit usaha Lippo Group yang turut mendukung program tersebut antara lain Lippo General Insurance, Bank Nobu, Lippo Mall Indonesia, Matahari Department Store, Hypermart, First Media, Berita Satu, dan Maxx Coffee.

Caroline Riady, Wakil Direktur Utama Siloam Hospitals Group mengatakan, selama masa normal baru seperti sekarang, tiap individu dan perusahaan perlu memerhatikan prinsip hidup bersih dan sehat dalam semua lini kegiatan, agar semua pihak khususnya masyarakat bisa tetap aman beraktivitas. Salah satu langkah preventif yang penting adalah pelaksanaan skrining. "Untuk mendukungnya, Siloam Hospitals telah menyediakan pilihan tes serologi antibodi yang terjangkau," ucap dia berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (3/9)

Tes serologi antibodi SARS-CoV-2 berbasis lab merupakan tes antibodi total yang relatif cepat dan berakurasi tinggi, serta dapat dilakukan baik di rumah sakit maupun di luar rumah sakit (mobile testing atau onsite/di tempat). Sama seperti tes rapid, tes serologi antibodi ini mendeteksi antibodi seseorang untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi oleh SARS-CoV-2 atau belum.

Namun, tes serologi antibodi tersebut memiliki kelebihan karena pengerjaan tes dan deteksinya dilakukan oleh instrumen robotik. Hal ini membuat tingkat sensitivitas mencapai 100 persen yang berarti hampir tidak ada kasus positif yang tidak terdeteksi.

Selain sensitivitas yang tinggi, keunggulan lain dari tes serologi antibodi ini adalah tingkat spesifisitas lebih dari 99.81 persen dan tanpa gangguan atau cross reaksi dari virus flu biasa dan coronavirus lain selain SARS-CoV-2. Dengan demikian, tes ini dapat mendeteksi antibodi yang timbul dari paparan SARS-CoV-2 atau COVID-19 secara lebih pasti. Tes serologi antibodi ini telah diakui oleh CE (Conformite Europene), FDA EUA (Emergency Use Authorization), dan NHS serta digunakan di Amerika Serikat, Australia, Eropa, Inggris, dan Singapura.

Dengan memakai QRIS dari Bank Nobu, pembelian paket tes serologi antibodi seharga Rp 120 ribu sudah termasuk asuransi My Health Protection dari Lippo Insurance yang akan memberikan santunan rawat inap apabila hasil reaktif dan harus di rawat di rumah sakit rujukan COVID-19 yaitu sebesar Rp 100 ribu per hari selama 14 hari. 

Selain itu, masyarakat yang membeli paket tes serologi antibodi pada program “Merdeka dari COVID-19” ini juga akan mendapatkan berbagai keuntungan menarik, seperti gratis berlangganan ePaper Investor Daily dan Suara Pembaruan, diskon produk khusus dari Matahari Department Store, Hypermart, Foodmart, voucher dari Maxx Coffee, benefit tambahan bagi member First Media, serta extra point yang dapat ditukarkan pada jejaring Lippo Mall, antara lain Lippo Mall Puri, Lippo Mall Kemang Village, Lippo Plaza Kebun Raya Bogor dan lainnya. 

“Berbagai benefit tersebut kami berikan sebagai tanda apresiasi terhadap masyarakat yang mengutamakan kesehatan mereka dengan melakukan tes serologi antibodi pada masa pandemi COVID-19 ini. Harapan kita semua tentunya dengan makin banyaknya masyarakat yang melakukan tes, kita dapat bersama-sama memutus rantai penyebaran virus corona,” ujar Roy Mandey, Deputy Presiden Komisaris Multipolar Tbk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement