Sabtu 29 Aug 2020 01:00 WIB

Queen-Adam Lambert Rilis Video Live 'The Show Must Go On'

Freddie Mercury dan Queen tak sempat menyanyikan The Show Must Go On secara live.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Queen dan penyanyi Adam Lambert merilis video musik pertunjukan langsung lagu The Show Must Go On menjelang peluncuran album kolaborasinya pada 2 Oktober mendatang.
Foto: PA
Queen dan penyanyi Adam Lambert merilis video musik pertunjukan langsung lagu The Show Must Go On menjelang peluncuran album kolaborasinya pada 2 Oktober mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Band rock Queen dan Adam Lambert merilis video pertunjukan langsung "The Show Must Go On" pada Jumat (28/8). Video ini diperkenalkan ke publik setelah Queen dan Adam Lambert mengumumkan perilisan album kolaborasi pertama mereka.

Video musik "The Show Must Go On" berasal dari pertunjukan kedua dari dua pertunjukan Queen dan Lambert di London's 02 Arena, Inggris pada 4 Juli 2018. Dilansir People, bagi Queen, lagu dari album Innuendo tersebut memiliki makna yang mendalam.

Baca Juga

"The Show Must Go On" menyimpan "mantra" yang mendorong Queen untuk terus aktif bermusik selama lebih dari 25 tahun meski telah ditinggalkan oleh vokalisnya, Freddie Mercury. Freddie tak pernah sempat menyanyikan "The Show Must Go On" secara langsung sebelum kematiannya.

Freddie dinyatakan meninggal dunia karena pneumonia bronkial akibat AIDS pada musim gugur 1991. Di tahun berikutnya, "The Show Must Go On" dinyanyikan secara langsung untuk pertama kalinya dalam Freddie Mercury Tribute Concert di Wembley Stadium oleh Elton John sebagai lead vocal dan gitaris Black Sabbath Tony Iommy pada gitar.

Sejak 2011, Queen dan Adam Lambert secara rutin menyanyikan lagu "The Show Must Go On" dalam pertunjukan musik dan konser mereka. Sesi "The Show Must Go On" yang menyentuh selalu menjadi highlight dalam konser-konser mereka.

Gitaris Queen Brian May mengatakan album Innuendo digarap ketika Freddie sudah dalam stadium lanjut AIDS. Meski sang vokalis didera penyakit yang berat, Brian mengatakan mereka semua melewatkan waktu yang menyenangkan selama menggarap album Innuendo di studio.

"Walaupun kami semua menyadari tragedi Freddie akan datang, kami merasakan momen yang menginspirasi dan menyenangkan di studio, membuat album Innuendo," kata May yang menulis lagu "The Show Must Go On".

Menurut Brian, personel Queen tidak banyak bicara tentang penyakit Freddie. Ia mengungkapkan, Freddy hanya ingin melanjutkan aktivitasnya seperti biasa sejauh yang dia bisa.

Brian mengatakan, pada saat itu selalu ada waktu satu atau dua hari per minggu di mana kondisi Freddie sangat baik. Para anggota Queen lainnya, seperti Brian, Roger Taylor, dan John Deacon selalu melakukan yang terbaik di waktu-waktu berharga tersebut.

"Saya mengerjakan "The Show Must Go On" sebagai sebuah ide, akan tetapi saya merasa tidak yakin apakah judulnya terlalu kentara," jelas gitaris berusia 73 tahun itu dalam sebuah pernyataan.

Setelah itu, Freddie mendengarkan lagu "The Show Must Go On" dan merasa sangat menyukai lagu tersebut. Freddie merasa tak ada masalah dengan chorus atau judul dari lagu tersebut.

"Dia ingin mengerjakan lagu itu," ungkap Brian.

Album pertama Queen dan Adam Lambert akan diluncurkan pada 2 Oktober mendatang. Album berjudul Queen+Adam Lambert Live Around the World ini akan hadir dalam format CD, vinil, dan DVD/Blu-ray.

Album ini akan memuat kompilasi berbagai pertunjukan yang menjadi highlight dalam konser Queen+Adam Lambert yang sduah dilakukan lebih dari 200 kali di berbagai belahan dunia. Lagu "The Show Must Go On" yang dibawakan Queen dan Adam Lambert kini sudah bisa ditonton dan didengarkan secara langsung melalui kanal Youtube, Spotify, Apple Music, dan iTunes Store resmi dari Queen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement