Selasa 18 Aug 2020 14:13 WIB

Mendag: Kopi Indonesia Mampu Bersaing di Pasar Global

Kedai kopi jadi salah satu usaha kecil menengah yang tengah berkembang di Indonesia.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
Secangkir kopi. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menilai kopi asal Indonesia sangat istimewa dan mampu bersaing di pasar global.
Foto: EPA
Secangkir kopi. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menilai kopi asal Indonesia sangat istimewa dan mampu bersaing di pasar global.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menilai kopi asal Indonesia sangat istimewa dan mampu bersaing di pasar global. Agus menilai dengan menjamurnya kedai kopi maka bisa meningkatkan nilai tambah bagi para petani kopi di Indonesia.

Agus menjelaskan kedai kopi merupakan salah satu bentuk usaha kecil dan menengah (UKM) yang diharapkan dapat terus maju dan berkembang. Agus apresiasi pada para pemuda Indonesia yang ikut berjuang memajukan UKM. 

“Kedai kopi Kisaku ini dibangun oleh anak-anak muda yang peduli dengan petani Indonesia. Saya berharap, semakin banyak kedai kopi yang didirikan nantinya dapat membantu para petani. Semoga ke depan, makin ban-yak merk kopi lokal Indonesia yang mendunia,” ujar Agus, Selasa (18/8).

Agus juga menyerukan kembali akan rasa bangga buatan Indonesia (BBI). Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama memajukan dan mengembangkan UKM Indonesia dengan membeli produk buatan Indonesia.

 

Salah satu pendiri kedai kopi Kisaku, Raline Shah menyampaikan, Kisaku berkomitmen akan terus mendukung pemerintah menggalakkan gerakan BBI. Saat ini, Kisaku sudah memiliki tiga kedai dan berharap akan terus berkembang baik di dalam negeri, maupun di luar negeri.

“Kami sebagai generasi muda ingin ikut memajukan UKM. Selama pandemi Covid-19, kami juga mengembangkan penjualan secara daring. Semoga kedai kami dapat terus maju bersama kopi lokal serta membawa nama kopi Indonesia ke pasar global,” imbuhnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement