Selasa 21 Jul 2020 14:18 WIB

Mitra UMKM Gojek Dapat Akses Bunga Ringan

Gojek akan membantu Himbara mengetahui mana UMKM yang tepat mendapat kredit.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Aplikasi Gojek. Gojek saat ini sudah menjadi salah satu mitra Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan pemerintah dalam program Digital Kredit untuk UMKM (DigiKU) dengan memberi aksesk kredit bunga murah kepada UMKM mitra GoFood.
Foto: gojek.com
Aplikasi Gojek. Gojek saat ini sudah menjadi salah satu mitra Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan pemerintah dalam program Digital Kredit untuk UMKM (DigiKU) dengan memberi aksesk kredit bunga murah kepada UMKM mitra GoFood.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gojek saat ini sudah menjadi salah satu mitra Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan pemerintah dalam program Digital Kredit untuk UMKM (DigiKU).

Chief Public Policy and Government Relations Gojek Shinto Nugroho mengatakan, mitra merchant UMKM GoFood akan mendapatkan akses pinjaman dengan fasilitas bunga ringan dari anggota Himbara, termasuk BRI.

Baca Juga

"Gojek sudah berkolaborasi dengan BRI salah satu bank Himbara untuk menyediakan akses fasilitas pinjaman bunga ringan kepada mitra UMKM," kata Shinto dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (21/7).

Shinto menilai situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra. Sehingga fasilitas pinjaman bunga ringan tersebut akan membantu meringankan beban keuangan.

Dia mengharapkan fasilitas yang diberikan mampu menjaga perputaran usaha sekaligus membuka kesempatan baru bari mitra UMKM GoFood. "Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya gotong royong BRI dan pemerintah yang telah memberikan fasilitas pinjaman khusus dirancang bagi mitra UMKM kami agar mereka bisa maju bersama ekosistem Gojek," ungkap Shinto.

Shinto menambahkan, Gojek juga akan menyediakan informasi bagi Himbara dan pemerintah untuk mendukung penyaluran kredit yang tepat bagi UMKM. Menurutnya, salah satu tantangan yang dihadapi dalam penyaluran kredit pada UMKM adalah keterbatasan data transaksional dan kesehatan usaha mereka serta aset untuk dijaminkan.

"Melalui skema gotong-royong yang ada dalam program DigiKU, Gojek membantu Himbara untuk dapat mengetahui mana UMKM yang tepat untuk memperoleh bantuan pinjaman," kata Shinto.

Sebelumnya, Gojek dan BRI telah mengumumkan program pinjaman bunga ringan  memasuki masa tahap awal. Shinto mengatakan pada tahapan tersebut, BRI menawarkan fasilitas pinjaman ke sejumlah mitra GoRide dan GoCar yang berdomisili di area Jabodetabek dan telah melalui pre-screening terlebih dahulu.

Untuk mitra usaha GoFood yang memenuhi persyaratan BRI, Shinto memastikan bantuan pinjaman yang ditawarkan sampai dengan Rp 20 juta dengan tenor selama 24 bulan. "Pinjaman ini dengan keringanan biaya pembayaran pada tiga bulan pertama," kata Shinto.

Sedangkan untuk mitra pengemudi GoRide dan GoCar, fasilitas pinjaman yang ditawarkan yakni Rp 5 juta dengan tenor pinjaman selama 24 bulan. Pengemudi akan mendapatkan keringanan bebas bayar selama tiga bulan pertama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement