Warta Ekonomi.co.id, Jakarta
WhatsApp Business adalah aplikasi unduhan gratis yang tersedia di Android dan iPhone, dan dibuat dengan mempertimbangkan pemilik usaha kecil. WhatsApp Business memudahkan berinteraksi dengan pelanggan dengan menyediakan alat untuk mengotomatisasi, mengurutkan, dan dengan cepat menanggapi pesan.
WhatsApp Business tercipta lantaran tak semua orang memiliki dua ponsel untuk memisah pekerjaan dan perpesanan pribadi. Dengan WhatsApp Business, pengguna dapat memisah pekerjaan dan perpesanan pribadi hanya dengan satu nomor ponsel.
Baca Juga: Cara Verifikasi WhatsApp Bisnis, Enggak Ribet Kok!
Beberapa fitur yang saat ini ditawarkan WhatsApp Business:
- Profil bisnis untuk membuat daftar informasi penting, seperti alamat perusahaan, email, dan situs web.
- Statistik untuk melihat berapa banyak pesan yang berhasil dikirim, dikirim, dan dibaca.
- Alat olahpesan untuk dengan cepat menanggapi pelanggan.
WhatsApp Business memungkinkan perusahaan untuk mengirim pesan kepada pelanggan mereka secara aman dan secara langsung dalam platform pengiriman pesan WhatsApp. Satu keuntungan dibandingkan SMS adalah bahwa WhatsApp terikat langsung ke satu nomor telepon dan memberikan profil bisnis bermerek daripada serangkaian angka.
Sehingga memungkinkan konsumen untuk segera tahu dengan siapa mereka mengobrol atau menerima pesan. WhatsApp juga memberikan informasi pengiriman yang andal, memberi perusahaan manfaat tambahan untuk mengetahui pesan apa yang telah disampaikan.
Untuk membuat koneksi pelanggan itu, yang perlu dilakukan adalah mengatur profil WhatsApp Business dan mengaitkannya dengan nomor bisnis yang ada. Dan karena keberadaan bisnis tersebuthanya terikat pada satu nomor telepon, maka dapat dengan mudah memasukkannya dalam semua program pemasaran yang dimiliki perusahaan untuk menarik lebih banyak pelanggan dan untuk membuat koneksi langsung.
WhatsApp Business juga memungkinkan 'pesan jauh' khusus untuk digunakan selama jam libur atau ketika pemilik sedang sibuk. Pesan juga berarti data. Data yang dapat digunakan untuk lebih memahami pelanggan dan menawarkan layanan yang lebih baik juga mengembangkan bisnis. Atau dalam kata lain, pengguna dapat memasang template balasan pesan secara otomatis.
Adapun perbedaan antara WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business adalah sebagai berikut:
1. Perbedaan logo
WhatsApp Business menggunakan huruf kapital "B" dengan latar warna hijau khas WhatsApp. Logo ini berbeda dengan WhatsApp Messenger yang terkenal dengan logo gambar telepon.
2. Dapat menggunakan dan menambahkan nomor telepon rumah atau kantor
Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang menggunakan nomor ponsel, WhatsApp Business bisa menggunakan sekaligus menambahkan nomor telepon rumah atau kantor. WhatsApp menyarankan untuk tidak mengganti-ganti nomor seluler dan menentukan satu nomor ponsel yang permanen.
Menggunakan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger dalam satu perangkat yang sama bisa dilakukan, namun harus menggunakan nomor yang berbeda untuk masing-masing aplikasi tersebut.
3. Bisa membalas pesan secara otomatis
Fitur ini memungkinkan pebisnis untuk menyetel balasan otomatis jika mendapat pertanyaan yang sama dari konsumen. Pengaturan ini juga bisa digunakan untuk mengirim pesan otomatis untuk menyambut konsumen baru. Fitur ini tentu tak ditemukan di WhatsApp Messenger yang bertujuan personal.
4. Lihat statistik pesan terkirim dan diterima
Pebisnis juga bisa melihat statistik pesan terkirm dan pesan yang diterima. Fitur ini tidak didapatkan di WhatsApp Messenger dimana seringnya, pengguna justru menyembunyikan informasi jika pesan telah dibaca.
5. Verifikasi Centang Hijau
WhatsApp Business akan melakukan verifikasi pada akun pebisnis. Berbeda dengan lencana centang biru pada akun terverifikasi di Instagram atau Twitter, akun yang telah diverifikasi oleh WhatsApp Business akan diberikan centang berwarna hijau.
"Jika Anda melihat lencana hijau di sebelah nama kontak, itu berarti WhatsApp telah memverifikasi jika nomor tersebut adalah benar milik perusahaan" ujar WhatsApp.