Rabu 03 Jun 2020 09:25 WIB

Dongkrak Ekonomi, Saudi Suntik Sektor Perbankan

Saudi bakal mempertahankan stabilitas finansial dan perbankan sesuai visi Saudi 2030.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Fuji Pratiwi
Kantor Pusat SAMA di Riyadh, Arab Saudi.
Foto: Facebook SAMA
Kantor Pusat SAMA di Riyadh, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Moneter Kerajaan Arab Saudi (SAMA) menyuntik sektor perbankan senilai 50 miliar rial. Diharapkan dana itu bisa meningkatkan likuiditas dan kemampuan pinjaman dari perbankan untuk sektor swasta.

Dilansir dari Saudi Gazette pada Selasa (2/6) SAMA ingin membantu restrukturisasi bank sekaligus memodifikasi pinjaman sektor swasta tanpa tambahan biaya. Dana itu ditujukan juga untuk biaya operasional seperti gaji pegawai dan menyediakan layanan secara virtual tanpa dipungut biaya.

Baca Juga

Kinerja bank di Arab tercatat cukup baik. Indikasinya terlihat dari total aset bank yang naik 14 persen (year on year/ yoy) menjadi 2,7 miliar rial di akhir kuartal-1 2020 dibanding periode sama tahun lalu.

Fasilitas kredit di sektor swasta dalam tiga bulan pertama tahun ini mengalami kenaikan 12 persen (yoy). Kemudian, rata-rata rasio kecukupan modal (CAR) mencapai 18,6 persen. Lebih lanjut, rasio pendanaan (NSFR) di angka 126 persen.

Angka-angka di atas menjadi refleksi positif akan pentingnya peran sektor perbankan di Saudi. SAMA bakal mempertahankan stabilitas finansial dan menguatkan efisiensi perbankan sesuai visi Saudi 2030. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement