Rabu 13 May 2020 12:00 WIB

Trafik Streaming 3 Indonesia Naik 193 Persen

Semakin banyak pengguna yang akan mengandalkan streaming film sebagai sumber hiburan.

Streaming film 3 Indonesia (ilustrasi). 3 Indonesia, mencatat, trafik streaming di Indonesia meningkat tajam sejak sebagian besar orang beraktivitas di rumah di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19).
Foto: tri.co.id
Streaming film 3 Indonesia (ilustrasi). 3 Indonesia, mencatat, trafik streaming di Indonesia meningkat tajam sejak sebagian besar orang beraktivitas di rumah di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lalu lintas data (trafik) streaming di Indonesia meningkat tajam sejak sebagian besar orang beraktivitas di rumah di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19).

Operator seluler, 3 Indonesia, mencatat, sejak dikeluarkannya imbauan pembatasan fisik, lalu lintas data untuk kegiatan streaming naik 193 persen. Peningkatan sebesar itu terjadi di tujuh layanan streaming film premium, yakni Viu, Netflix, Iflix, Amazon Prime Video, KlikFilm, DrakorID, dan Vidio.

Baca Juga

3 Indonesia memprediksi tren akan terus berlanjut selama Ramadhan ini. "Hal tersebut berdasarkan perkiraan semakin banyaknya pengguna yang akan mengandalkan streaming film sebagai sumber hiburan, terutama saat ngabuburit dan selepas berbuka," ungkap Chief Commercial Officer 3 Indonesia, Dolly Susanto, melalui keterangannya di Jakarta, Rabu (13/5).

Dolly menyampaikan, untuk melengkapi kenyamanan kegiatan streaming selama Ramadhan, 3 Indonesia menyediakan akses ke berbagai drama religi favorit melalui aplikasi Bima+ untuk senantiasa menemani pengguna. Melalui bima+, pengguna 3 Indonesia dapat berlangganan ke berbagai layanan streaming film premium seperti KlikFilm, Viu, Amazon Prime Video, tanpa kartu kredit.

3 Indonesia juga menawarkan paket KeepOn Movie seharga Rp 29 ribu yang sudah termasuk langganan aplikasi KlikFilm secara gratis selama tujuh hari, kuota internet sebesar 5 GB, gratis telepon dan SMS, akses gim di TriXogo, serta cashback pulsa sampai dengan Rp 100 ribu spesial di Ramadhan.

Aktivitas streaming pelanggan 3 Indonesia juga didukung oleh berbagai teknologi jaringan seperti Core Network Function Virtualization (NFV) berbasis Cloud Computing, Carrier Aggregation (CA), dan Caching Solution. Dengan teknologi NFV, 3 Indonesia dapat mengendalikan banyak fungsi jaringan melalui satu server untuk mempercepat transfer data.

Sedangkan teknologi CA menggabungkan dua atau lebih frekuensi untuk dipakai oleh satu pengguna yang sama sehingga mempercepat koneksi internet. Caching Solution membantu mempercepat akses dalam mengakses konten film.

"Teknologi tersebut membantu meminimalkan buffering selama streaming film berlangsung, sehingga pengguna 3 Indonesia bisa semakin nyaman nonton streaming film seharian selama Ramadhan ini," ungkap Dolly.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement