Rabu 29 Apr 2020 05:37 WIB

Ada Perubahan Perilaku Konsumen di tengah Pandemi, Apa itu?

Ada Perubahan Perilaku Konsumen di tengah Pandemi, Apa itu?

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Ada Perubahan Perilaku Konsumen di tengah Pandemi, Apa itu?. (FOTO: Sufri Yuliardi)
Ada Perubahan Perilaku Konsumen di tengah Pandemi, Apa itu?. (FOTO: Sufri Yuliardi)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Pembelian barang bahan makanan atau groceries melalui perdagangan daring (e-commerce) di masa pandemi COVID-19 mengalami peningkatan.

"Terjadi peningkatan 11,3 persen dalam pembelian barang groceries seperti daging, buah, dan sayur melalui aplikasi," papar Head of Communication, Hi-Tech, and Media Industry MarkPlus, Inc. Rhesa Dwi Prabowo dalam sebuah diskusi via online di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Cari Cuan di tengah Pandemi? ini Bisnis Cihuy yang Mulai Dilirik

Ia menambahkan untuk kelas daring juga mengalami peningkatan sebesar 13,7 persen, donasi secara daring meningkat 10,5 persen, dan obat-obatan sebanyak 5,6 persen.

"Secara keseluruhan, kategori dengan peningkatan pembelian di e-commerce paling tinggi adalah pada produk groceries, package food dan health medicine," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, pengunduhan aplikasi baru sejak diterapkannya kerja dari rumah atau work from home (WFH) juga meningkat.

Ia memaparkan sebanyak 71 persen orang download aplikasi baru selama pandemi COVID-19, karena masyarakat mau mengisi waktunya dengan hal berkualitas yang mendukung WFH, dan mengunduh aplikasi yang berisi info terkini tentang COVID-19.

"Aplikasi yang paling banyak diunduh salah satunya e-commerce sebesar 48,9 persen," paparnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement