Ahad 26 Apr 2020 10:21 WIB

Tim Medis Klub Serie A Minta Perbaikan Protokol Kesehatan

Tidak semua klub bisa menerapkan protokol kesehatan yang diberikan FIGC.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Serie a
Foto: italianfotballdaily.com
Serie a

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Beberapa petugas medis yang mewakili klub-klub Serie A Italia menegaskan tidak bermasalah melanjutkan kompetisi musim 2019/2020. Namun, mereka meminta kejelasan terhadap aplikasi protokol pengujian untuk memperjelas situasi.

Laporan dari surat kabar Corriere della Sera dan La Repubblica mengatakan, hanya tiga pihak, yakni  Juventus, Lazio dan Genoa, yang sama sekali tidak memiliki masalah dalam penerapan protokol kesehatan yang disajikan untuk pelatihan dan bermain selama pandemi virus corona. Sementara 17 klub lainnya dan staf medis mereka memberikan 20 poin untuk dipertimbangkan seputar logistik dan kepraktisan dalam menggelar pertandingan sepak bola tanpa penonton.

Baca Juga

Setelah itu, surat bersama dikirimkan ke kantor berita Ansa menjelaskan posisi semua klub Serie A bersama kepala tim medis mereka.

"Selama beberapa hari terakhir, staf medis klub Serie A menerima protokol organisasi yang diusulkan oleh komisi medis dan ilmiah Federasi Sepak Bola Italia (FIGC). Para petugas medis, dengan semangat, menguraikannya dan mengajukan pengamatan, berharap untuk menggabungkan keamanan dengan penerapan tersebut," jelas pernyataan tersebut dikutip Football Italia, Ahad (26/4).

Selanjutnya, para petugas medis saat ini ingin mengklarifikasi bahwa dokumen tersebur ditujukan untuk memastikan keselamatan para pemain. Mereka tak ingin protokol kesehatan tersebut sulit diterapkan. Di sisi lain, mereka juga tak mau mengabaikannya karena berisiko terhadap pemain.

"Intinya, tidak satu pun dari kami yang bertentangan untuk menyelesaikan musim dan tidak ada upaya untuk memblokirnya. Kami semua bersemangat agar kompetisi mendapatkan hasil akhir alami," sambung pernyataan tersebut.

Pemerintah Italia dilaporkan bakal menjalankan rencana pelonggaran lockdown atau karantina wilayah secara bertahap pada 4 Mei mendatang, yang berarti dimulainya pelatihan pada seluruh kesebelasan Serie A Liga Italia setelah itu.

Sky Sport Italia melaporkan, pelatihan kemungkinan akan kembali bergulir pada 18 Mei. Ini berarti kompetisi berpeluang dilanjutkan pada awal atau pertengahan Juni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement