Jumat 24 Apr 2020 16:30 WIB

Pesaing Gibran, Achmad Purnomo Siap Mundur

Achmad Purnomo akan mundur jika pilkada serentak tetap digelar pada 9 Desember.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Teguh Firmansyah
Bakal calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) berjabat tangan dengan pasangan bakal calon Wali Kota Solo Achmad Purnomo (tengah) dan Teguh Prakosa (kiri).
Foto: Antara/Galih Pradipta
Bakal calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) berjabat tangan dengan pasangan bakal calon Wali Kota Solo Achmad Purnomo (tengah) dan Teguh Prakosa (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Bakal calon wali kota Surakarta yang diusung DPC PDI Perjuangan, Achmad Purnomo, menyatakan, mundur dari peserta pencalonan pada Pilkada 2020.

Purnomo mengaku siap mengambil keputusan itu, jika benar KPU memutuskan tetap menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang.

Baca Juga

Menurut Purnomo hal itu masalah hati dengan melihat perkembangan pandemi Covid-19 ini, kelihatan masih berkepanjangan sehingga lamanya setahun.

"Saya tidak sampai hati, jika di tengah pandemi Covid-19 yang belum selesai harus melakukan kampanye-kampanye dan sebagainya yang berkaitan dengan Pilkada. Sehingga, alasan itu, dalam perasaan hatinya tidak sampai melakukan hal itu," kata dia.

"Rencana saya jika betul Pilkada tetap digelar 9 Desember, saya akan mengajukan permohonan diri kepada DPC PDIP Kota Surakarta yang menugaskan saya sebagai calon wali kota Surakarta," kata Purnomo melanjutkan.

Menurut dia, hal tersebut tidak ada kaitannya dengan politik. Namun soal hatinya yang tidak sampai di tengah pandemi Covid-19 seperti ini.

Selain itu, dia juga lebih termotivasi lagi setelah melihat bakal calon lainnya seperti di Wonogiri juga menyatakan mundur dari pencalonan.

"Saya juga sudah berbicara dengan Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta, FXHadi Rudyatmo, dan beliau menyetujui langkah saya mundur dari pencalonkan," katanya.

Rencana mundurnya Purnomo sebagai balon wali kota Surakarta akan memuluskan calon lain, Gibran Rakabuming Raka, yang juga mencalonlan diri. "Tidak masalah, jika Gibran mendapatkan rekomendasi dari DPP," katanya.

Rudyatmo mengatakan dengan rencana mundurnya Purnomo sebagai balon wali kota Surakarta, hal itu hak beliau dan harus dihormati.

Menurut Rudyatmo jika memang Pilkada digelar 9 Desember tidak realistis dalam kondisi wabah Covid-19 seperti ini, Ia berpendapat mengurus rakyat saja repot, apalagi harus menggelar Pilkada.

"Saya akan mendukung jika pak Purnomo mengundurkan diri, dan prosesnya harus mengirim surat ke DPD dan DPP lebih dahulu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement