Jumat 27 Mar 2020 18:13 WIB

Pasien Positif Covid-19 di Lampung Jadi Empat Orang

Pasien 04 di Lampung sebelumnya masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas medis membawa pasien baru terduga COVID-19 menuju ruangan Respiratory Intensive Care Unit (RICU) di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Kamis (19/3/2020).
Foto: Antara/Ampelsa
Petugas medis membawa pasien baru terduga COVID-19 menuju ruangan Respiratory Intensive Care Unit (RICU) di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Kamis (19/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pasien positif mengidap virus korona (Covid-19) di Lampung kini bertambah satu lagi menjadi empat orang. Keempat orang pasien positif 01 sampai 04 tersebut masih dirawat di ruang isolasi RSUD Abdul Moeloek Bandar Lampung, Jumat (27/3).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Dinas Kesehatan Lampung dr Reihana membenarkan bertambah lagi satu jumlah pasien positif Covid-19 di RSUD Abdul Moeloek Lampung. “Pasien posisif bertambah satu lagi,” kata dr Reihana dalam keterangan persnya, Jumat (27/3).

Menurut dia, pasien 04 tersebut sebelumnya masuk dalam Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang kini dirawat di RSUD Abdul Moeloek. Saat ini, masih tersisa PDP di Lampung sebanyak 13 orang, sedangkan enam orang lainnya sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Sehari sebelumnya, dr Reihana mengumumkan bahwa pasien positif Covid-19 di Lampung bertambah menjadi tiga orang, setelah diumumkan pemerintah pusat. Pasien positif 01-04 sudah dinyatakan PDP sebelumnya.

Belum ada keterangan pasien 04 riwayat penyakitnya hingga dinyatakan positif mengidap Covid-19. Sedangkan pasien 01 riwayatnya kontak dengan orang terkonfirmasi positif di sebuah acara di Bogor. Sedangkan pasien 02 kontak dengan orang terkonfirmasi di Yogyakarta. Sementaran pasien 03 pernah kontak dengan orang terkonfirmasi saat mendampingi orang asing.

Saat ini, keterangan dr Reihana, kondisi pasien 01 positif Covid-19 terus membaik. Sedangkan PDP 02 kondisnya mengalami kemunduran. Berdasarkan data dari Diskes Lampung hingga Jumat (27/3), jumlah pasien positif 4 orang, 13 orang PDP, dan Orang Dalam Pemantauan 294 orang.

Ia berharap masyarakat Lampung untuk mengikuti ketentuan pemerintah untuk tetap menjaga jarak antarsesama dan juga menghindari bepergian ke luar rumah atau ke luar kota. Kondisi Lampung yang menjadi pintu gerbang Pulau Sumatra dan Jawa sangat rentan dengan penularan virus korona tersebut, untuk itu semua pihak mengikuti aturan pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement