Sabtu 14 Mar 2020 00:13 WIB

Harley Davidson Tercipta dari Gudang Kecil, Ini Kisahnya

Motor Harley-Davidson ini rupanya sudah ada sejak tahun 1903

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Gak Nyangka! Ternyata Motor Harley Davidson Tercipta dari Gudang Kecil, Begini Kisah Suksesnya. (FOTO: Harley-Davidson.com)
Gak Nyangka! Ternyata Motor Harley Davidson Tercipta dari Gudang Kecil, Begini Kisah Suksesnya. (FOTO: Harley-Davidson.com)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Motor idaman para pecinta moge (motor gede), apalagi kalau bukan motor Harley Davidson! Dengan harga yang fantastis dan bodi yang kekar dan macho, para pecinta moge jelas mengidam-idamkan memiliki motor yang diciptakan oleh William S Harley dan Arthur Davidson ini.

Motor gagah Harley-Davidson ini rupanya sudah ada sejak tahun 1903 dan hingga tahun milenial abad ini. Motor ini merupakan brand atau merek ikon dari negara Paman Sam, Amerika Serikat.

Baca Juga: 10 Perusahaan Raksasa Ini Ternyata Berawal dari Garasi Rumah!

Motor Harley-Davidson lahir pada tahun 1903. Pada tahun tersebut, dua orang itu sedang mengembangkan sebuah sepeda motor dengan menggunakan satu silinder.

 

Baru pada tahun 1905 motor hasil karya dua orang tersebut dibeli oleh seorang yang suka dengan produknya. Selanjutnya pada tahun 1908 mereka berhasil menjual kurang lebih 154 motor.

Cerita kesuksesan mereka dimulai saat William Harley saat usianya menginjak 15 tahun bekerja di sebuah pabrik sepeda. William Harley merupakan seorang remaja yang sangat berambisi dan memiliki visi yang cukup kuat dalam bidang bisnis.

Ia sangat tertarik dalam melakukan pengembangan sepeda sehingga membuatnya ingin merombak dan berinovasi menciptakan sesuatu melalui pabrik sepeda tempatnya bekerja.

Dalam melakukan inovasi, William S.Harley akhirnya mengajak rekannya Arthur Davidson untuk mengumpulkan setiap perlengkapan sepeda dengan mesin bermotor.

Dua sahabat sejak kecil ini ternyata sama-sama memiliki minat yang mendalam dalam mengembangkan sepeda untuk menciptakan jenis baru dari mesin sepeda motor yang dapat digunakan oleh manusia.

Mereka segera melakukan berbagai percobaan melalui mesin berbahan bakar bensin dengan sepeda yang mereka miliki.

Dirasa kurang memuaskan dengan setiap inovasi tersebut, William S.Harley bertekad untuk menimba ilmu melalui bangku kuliah dan menjadi orang pertama dalam keluarganya yang meraih gelar sarjana untuk bidang teknik mesin dari University of Wisconsin-Madison pada tahun 1907.

Setelah lulus dan mendapatkan ilmu mendalam di bidang teknik mesin, William S.Harley kembali ke tempat kelahiran Harley Davidson.

Ia kembali mewujudkan impiannya bersama Arthur Davidson dan dua saudara Arthur lainnya. Harley Davidson Motor Company pada awal berdirinya dimulai di sebuah gudang kecil di halaman belakang rumah keluarga Davidson.

Di tahun pertama, Harley Davidson mampu menghasilkan 3 sepeda, diantaranya sepeda engkol dan pedal serta motor dengan satu silinder.

Fase penting yang selanjutnya terjadi pada tahun 1930. Pada tahun inilah logo sayap terbang (yang dipakai sampai saat ini) mulai digunakan atau digambar pada tangki motor. Masih di tahun yang sama, Harley mengenalkan motor trike (roda tiga) yang dimana motor ini dikenal juga sebagai motor service-car.

Dengan berbagai sentuhan eksperimen dan ide brilian, inovasi dan pembaharuan akhirnya motor Harley Davidson yang menjadikan sepeda motor khas lelaki ini semakin sempurna.

Harley Davidson kini berhasil menjadi salah satu maskot terbaik dalam dunia motor. Di Amerika sendiri, Harley berhasil menguasai 62% pangsa pasar motor dengan cc diatas 850cc.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement