REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Estika Tata Tiara Tbk (KIBIF) menempati posisi teratas di antara perusahaan-perusahaan pengolahan makanan di Indonesia, pada acara “Top Brand Award 2020” versi Majalah Marketing yang digelar di Jakarta, pada 20 Februari 2020.
Korporasi yang telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode perdagangan BEEF ini menerima penghargaan bergengsi di bidang pemasaran “Top Brand Award 2020” untuk Kategori Daging Sapi Olahan. Penghargaan “Top Brand Award 2020” diserahkan CEO Frontier Group Handi Irawan kepada Direktur Pemasaran KIBIF Grace Adoe.
“Terima kasih kepada konsumen Indonesia yang telah memilih KIBIF dalam kesehariannya dan mempercayakan produk-produk KIBIF untuk menjadi asupan keluarga yang halal, enak, dan berprotein tinggi,” kata Grace di Jakarta, pada Selasa (25/2).
Grace mengatakan, survei Top Brand Award melibatkan 15.000 responden yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia, di antaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Manado, Denpasar, Banjarmasin, dan Samarinda.
Adapun penilaian didasarkan pada Top Brand Index yang dilakukan melalui proses wawancara secara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur menggunakan tiga parameter. Pertama adalah top of mind, yaitu kesadaran atas merek, yaitu merek pertama yang disebutkan responden saat kategori produk diutarakan.
Kedua, adalah last usage, yaitu menyangkut penggunaan terakhir – merek terakhir yang digunakan/dikonsumsi oleh responden dalam satu siklus pembelian ulang. Ketiga adalah future intention, yaitu niat membeli kembali atau keinginan responden untuk menggunakan/mengonsumsi kembali di masa mendatang.
“Kami akan terus menempatkan konsumen sebagai fokus utama bisnis dan kami akan terus berinovasi dan menjaga kualitas produk-produk KIBIF,” jelas dia.
Dia mengatakan, diraihnya penghargaan “Top Brand Award 2020” juga tidak terlepas dari peran serta dan dukungan digital branding yang dilakukan secara berkala oleh KIBIF kepada konsumennya.
“Penghargaan ini akan memacu semangat kami untuk menciptakan inovasi dan terobosan-terobosan baru pada era digital. Saat ini, peranan teknologi digital sangat berpengaruh pada peningkatan brand awareness perusahaan. Saya berharap penghargaan “Top Brand Award 2020” akan menjadikan merek KIBIF lebih kuat dan loyalitas konsumen tetap terjaga dengan baik,” katanya.
Selain meraih Top Brand Award 2020, KIBIF juga menerima Top Digital Public Relation Award 2019. Sistem penilaian Top Digital Public Relation Award 2019 menggunakan metode survei berdasarkan tiga parameter penilaian digital, yaitu Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect.
Lebih lanjut Grace mengungkapkan, KIBIF secara konsisten mengoptimalkan sistem jaringan penjualan berbasis online untuk memudahkan konsumen berbelanja produk-produk berlabel KIBIF.