Kamis 20 Feb 2020 20:44 WIB

Astra Kobarkan Semangat Kurangi Plastik di Perayaan 63 Tahun

Gerakan Semangat Kurangi Plastik berangkat dari keprihatinan akan sampah plastik.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Gita Amanda
Astra kobarkan Semangat Kurangi Plastik di perayaan 63 tahun. Foto sejumlah pemulung memilah sampah plastik, (ilustrasi).
Foto: Republika/Abdan Syakura
Astra kobarkan Semangat Kurangi Plastik di perayaan 63 tahun. Foto sejumlah pemulung memilah sampah plastik, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Astra International Tbk (Astra) mengajak karyawan dan masyarakat luas mengurangi pemakaian plastik sekali pakai melalui sebuah gerakan sosial "Semangat Kurangi Plastik". Gerakan ini seiring dengan peringatan ulang tahun Astra ke-63 pada Kamis (20/2).

Gerakan Semangat Kurangi Plastik berangkat dari keprihatinan seluruh karyawan Astra terhadap masalah yang ditimbulkan oleh sampah plastik. "Kami mengajak seluruh karyawan Astra dan masyarakat luas untuk semakin peduli tentang bahaya sampah plastik sekali pakai. Melalui partisipasi manajemen, karyawan, dan masyarakat, kami berharap dapat menghadirkan solusi," ujar Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto dalam rilis yang diterima Republika, Kamis (20/2).

Baca Juga

Gerakan Semangat Kurangi Plastik bertujuan mengajak karyawan Astra maupun masyarakat untuk lebih peduli dengan kelestarian lingkungan sembari meningkatkan kesadaran akan bahaya sampah plastik.

Tidak hanya itu, Gerakan Semangat Kurangi Plastik juga menjadi wadah Astra untuk mengedukasi cara pengolahan sampah plastik yang efektif. Kegiatan dilakukan sembari mengajak Grup Astra dan yayasan-yayasan Astra untuk mengurangi limbah plastik yang dihasilkan serta mendorong siklus ekonomis.

Berbagai aktivasi Semangat Kurangi Plastik akan dilakukan. Salah satunya, aktivasi offline berupa pengumpulan dan pemilahan sampah plastik di Kotak Semangat Astra, sebuah kotak yang disediakan Astra dan Grup Astra untuk menampung plastik dari masyarakat.

Kotak ini akan tersebar di berbagai instalasi perusahaan-perusahaan Grup Astra di seluruh Indonesia.

Aktivasi offline berikutnya ialah aksi sosial dan kampanye yang akan dilaksanakan di enam zona (laut, lingkungan bisnis Astra, Kampung Berseri Astra, sungai, pantai dan gunung) serta tiga aksi (bersih-bersih, koleksi dan pemilahan dan penyaluran ke bank sampah).

Terdapat juga berbagai komunikasi dan aktivasi digital di akun media sosial Astra, yakni Instagram (@SATU_Indonesia), Youtube (SATU Indonesia), Facebook (Semangat Astra Terpadu) dan Twitter (@SATU_Indonesia). Semangat Astra dalam mengurangi sampah plastik ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.

63 Tahun

Usia 63 tahun bukan perjalanan sebentar. Dengan dukungan dan kerja keras dari 226.105 Insan Astra yang tersebar di 235 perusahaan, Astra dapat melampaui tahun 2019 dengan baik dan menyambut usia ke-63.

Astra senantiasa berusaha menjadi perusahaan kebanggaan bangsa dengan menerapkan tiga strategi. Yaitu produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia Astra yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara yang selama ini dijalankan.

Prijono mengajak seluruh insan Astra untuk menyongsong tahun 2020 yang penuh tantangan dengan semangat dan sikap optimistis yang besar. "Saya percaya dengan tekad yang kuat serta kerja keras dan kerja cerdas, kami akan melampaui semua tantangan yang ada dan terus mengembangkan Astra," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement