Senin 30 Dec 2019 15:35 WIB

KAI Berikan Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Stasiun

Layanan kesehatan diperuntukkan bagi pengguna jasa KAI menunggu jadwal keberangkatan

Rep: Mabruroh/ Red: Gita Amanda
PT KAI menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Stasiun Senin. Foto ilustrasi kereta api.
Foto: ANTARA FOTO
PT KAI menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Stasiun Senin. Foto ilustrasi kereta api.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan PT KAI memberikan layanan kesehatan gratis di stasiun Pasar Senen. Layanan kesehatan tersebut diperuntukkan bagi pengguna jasa KAI yang tengah menunggu jadwal keberangkatan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas tambahan kepada penumpang yang sedang menunggu jadwal keberangkatan KA di stasiun,” ujar Eva dalam siaran pers, Senin (30/12).

Baca Juga

Eva berujar, ada sekitar lima petugas medis yang terdiri dari dua dokter, dua perawat dan satu apoteker dari Tim Kesehatan Daop 1 Jakarta yang siap melayani para penumpang dan pengunjung Stasiun Pasar Senen yang ingin memeriksa kesehatannya.

“Layanan yang diberikan pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan asam urat, pengukuran berat badan, dan konsultasi medis,” terang Eva.

Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis ini lanjutnya, merupakan tambahan setelah sebelumnya stasiun menyediakan Pos Kesehatan Gratis bagi penumpang di Stasiun dan Posko Kesehatan yang bekerjasama dengan pihak eksternal. Selain itu, stasiun juga sudah dilengkapi dengan Ruang Ibu Menyusui dan fasilitas kursi roda bagi para penumpang yang membutuhkan layanan tersebut.

Pelayanan ini ujar Eva, dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2020. Sehingga tidak hanya fokus pada penyediaan sarana, prasarana dan operasional, tapi juga memberikan rasa aman, kenyamanan hingga pelayanan kesehatan penumpang KA pun turut menjadi perhatian PT Kereta Api Indonesia (Persero).

“Layanan pemeriksaan kesehatan gratis dibuka mulai pukul 13.00 WIB,” ujarnya.

Dengan diadakannya layanan pemeriksaan kesehatan gratis ini, tambah Eva, juga sebagai bentuk antisipasi, bila ada penumpang yang dalam kondisi kurang sehat atau tidak layak untuk melakukan perjalanan menggunakan Kereta Api. Namun, untuk melakukan perjalanan jauh, penumpang memerlukan kondisi tubuh yang sehat terutama penumpang lansia, ibu hamil, dan anak-anak.

"PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau agar para penumpang dapat memaksimalkan seluruh fasilitas kesehatan yang telah disediakan ini. Pastikan kesehatan Anda dalam kondisi yang fit sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta api," tutup Eva.

Selain di stasiun Pasar Senen, layanan kesehatan gratis juga akan disediakan di Stasiun Gambir. Di stasiun pasar Senen dibuka pada Senin (30/12) dan di Stasiun Gambir pada Selasa (31/12) besok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement