Senin 30 Dec 2019 09:38 WIB

Penumpang KA Jarak Jauh Diprediksi Terus Meningkat

Daop 1 Jakarta telah memberangkatkan 823.191 penumpang yang menggunakan jasa KA.

Calon penumpong memadati Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (23/12).
Foto: Thoudy Badai_Republika
Calon penumpong memadati Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (23/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah penumpang pengguna jasa moda kereta api jarak jauh yang berangkat dari Jakarta dan sekitarnya dalam masa libur Natal dan tahun baru 2020 diperkirakan masih akan meningkat jelang pergantian tahun. Hingga H+11 (29/12), Daop 1 Jakarta telah memberangkatkan 823.191 penumpang yang menggunakan jasa kereta api (KA) jarak jauh dan kereta api lokal.

Dari jumlah tersebut, 506.771 penumpang merupakan pengguna KA jarak jauh yang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, Gambir, Jakarta Kota serta stasiun lainnya seperti Bekasi, Karawang dan Cikampek. "Menjelang libur tahun baru, PT KAI Daop 1 Jakarta optimistis secara kumulatif volume penumpang akan terus meningkat," kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional I Jakarta Eva Chairunisa, dalam keterangan pers, Ahad (30/12).

PT KAI (Persero) telah menetapkan masa angkutan Natal dan Tahun Baru terhitung mulai 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Selama masa angkutan Nataru 2019/2020, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 847.568 ketersediaan tempat duduk untuk perjalanan KA jarak jauh. Hingga Ahad malam telah terjual 649.880 atau sekitar 77 persen dari total bangku yang tersedia.

Eva menuturkan jika PT KAI Daop 1 Jakarta menargetkan 820 ribu penumpang untuk keberangkatan KA jarak jauh terangkut selama 18 hari masa Nataru tahun ini. Target itu meningkat kurang lebih delapan persen dari jumlah tahun lalu yakni sekitar 760 ribu penumpang.

Untuk mendukung program tersebut, PT KAI Daop 1 memberangkatkan 13 KA tambahan setiap harinya. Delapan KA di antaranya berangkat dari Stasiun Gambir sementara lima dari Stasiun Pasar Senen.

Pihaknya menambah sebanyak 244 personel gabungan dari TNI dan Polri yang dilengkapi unit K9 khusus untuk Stasiun Gambir dan Pasar Senen untuk mendukung keamanan selama program Nataru. Di sisi pelayanan, tambahan 30 petugas Costumer Service Mobile dikerahkan dan sebanyak 80 petugas informasi dari komunitas KA disebar ke sejumlah titik untuk membantu memberikan informasi kepada penumpang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement