Selasa 24 Dec 2019 12:57 WIB

Zulkifli-Amien Dipandang Pilihan Terbaik untuk PLN

Arifin Panigoro harap Zulkifli-Amien bawa PLN menuju lembaran baru.

Rep: Rizkian Adiyudha/ Red: Indira Rezkisari
Dirut PLN Zulkifli Zaini usai RUPS di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/12).
Foto: Republika/M NurSyamsi
Dirut PLN Zulkifli Zaini usai RUPS di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Medco Grup Arifin Panigoro menyambut baik terpilihnya Zukifli Zaini dan Amien Sunaryadi sebagai pimpinan baru PT PLN Persero. Dia mengaku mendukung keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terkait keputusan tersebut.

"Kami percaya bahwa kombinasi pengalaman yang dimiliki Bapak Zulkifli dan Bapak Amien merupakan pilihan terbaik untuk membawa PLN menuju lembaran baru di sektor kelistrikan nasional," kata Arifin di Jakarta, Selasa (24/12).

Baca Juga

Menurutnya, pemanfaatan sumber daya energi domestik dan percepatan pertumbuhan energi bersih dan terbarukan untuk kebutuhan dalam negeri merupakan kunci sukses di sektor kelistrikan. Dia mengatakan, hal itu pada akhirnya akan menurunkan defisit neraca energi nasional.

"Pengalaman keduanya mampu meningkatkan pelayanan dan performa PLN," kata Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024 ini.

 

Direktur Utama Medco Power Eka Satria mengaku siap menjadi mitra pemerintah. Sambung dia, unit usaha Medco Energi di bidang kelistrikan bersedia mendukung pengembangan kelistrikan nasional.

"Tentu hal itu guna mencapai tujuan terwujudnya sektor ketenagalistrikan yang andal, efisien dan ramah lingkungan," katanya.

Menteri Erick Thohir telah menunjuk Amien Sunaryadi dan Zulkifli Zaini sebagai Komisaris Utama dan Direktur Utama PLN. Keduanya akan ditunjuk sebagai pimpinan seusai rapat umum pemegang saham (RUPS) PLN.

Amien Sunaryadi adalah wakil ketua KPK periode 2003-2007. Selama jabatannya, dia memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif dan menjadi konseptor dari tindakan penggeledahan dan surveillance yang dilakukan oleh KPK untuk mengungkap kasus korupsi tingkat tinggi.

Sedangkan Zulkifli Zaini saat ini merupakan komisaris independen BNI sejak 17 Maret 2015. Dia juga pernah menjadi direktur utama Bank Mandiri pada 2010 hingga 2013 lalu.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement