Jumat 20 Dec 2019 19:37 WIB

Jasa Marga Prediksi Besok Puncak Mudik Natal 2019

Jasa Marga akan terjadi peningkatan volume kendaraan saat puncak mudik Natal 2019

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Kendaraan melintasi Tol Karawang Barat, Jawa Barat (foto ilustrasi). Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Natal 2019 akan terjadi pada Sabtu (21/12).
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Kendaraan melintasi Tol Karawang Barat, Jawa Barat (foto ilustrasi). Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Natal 2019 akan terjadi pada Sabtu (21/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi besok (21/12) menjadi puncak arus mudik Natal 2019. Corporate Communication and Community Development Group Head Dwimawan Heru mengatakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan pada periode puncak mudik Natal 2019.

"Sebanyak 61 ribu kendaraan akan melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama menuju Jalan Tol Trans Jawa," kata Heru, Jumat (20/12).

Baca Juga

Dia menjelaskan prediksi tersebut menunjukan adanya peningkatan volume kendaraan sebesar 82 persen dari lalu lintas harian normal serta. Selain itu juga meningkat 28 persen dari volume kendaraan pada arus mudik Natal tahun lalu.

Selain itu, Heru mengatakan kendaraan yang akan meninggalkan Jakarta melalui GT Kalihurip Utama menuju wilayah Bandung dan sekitarnya juga akan meningkat. "Diprediksi mencapai 59 ribu kendaraan, meningkat 57 persen dari lalu lintas harian normal dan meningkat 22 persen dari 2018," jelas Heru.

Untuk kenyamanan dan keamanan pengguna jalan, Heru mengimbau agar pengendara memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan. Selain itu juga pengemudi maupun kendaraan diimbau dalam kondisi prima.

"Juga menyiapkan perbekalan makanan yang cukup untuk mengantisipasi jika terjadi kepadatan di rest area, serta menggunakan rest area dengan waktu seefisien mungkin," tutur Heru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement