Selasa 10 Dec 2019 15:53 WIB

Lestarikan Budaya, BCA Gelar Wayang for Student 2019

Wayang for Student merupakan CSR Bakti BCA untuk melestarikan dan kembangkan budaya.

Lestarikan Budaya, BCA Gelar Wayang for Student 2019. Wayang for Student merupakan CSR Bakti BCA untuk melestarikan dan kembangkan budaya
Foto: BCA
Lestarikan Budaya, BCA Gelar Wayang for Student 2019. Wayang for Student merupakan CSR Bakti BCA untuk melestarikan dan kembangkan budaya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut catatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, wayang menjadi salah satu dari delapan elemen budaya yang masuk Daftar Warisan Budaya Tak Benda UNESCO sejak 2003. Wayang pun harus terus dilestarikan karena sarat dengan pendidikan filosofi yang bisa membantu pembentukan karakter anak.

Menyadari pentingnya hal tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mewujudkan komitmennya dalam menjaga kelestarian kesenian Tanah Air, salah satunya melalui gelaran Wayang for Student.

Belum lama ini, Wayang for Student 2019 yang digelar di Bandung menampilkan pagelaran “Jaya Perbangsa” dan Pementasan Wayang yang melibatkan 140 pelajar dan dinikmati 560 siswa serta guru yang berasal dari tujuh sekolah di Bandung.

Para siswa tersebut terpilih karena memiliki bakat dan minat di bidang seni tari, drama, dan musik. Mereka berlatih untuk pagelaran Wayang for Student di masing-masing sekolah. Setiap sekolah mendapatkan judul pementasan yang beragam.

Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati menuturkan, Wayang for Student diselenggarakan untuk mengenalkan wayang sedari dini kepada anak-anak di Indonesia sebagai warisan yang telah diakui UNESCO sejak 2003. “Wayang yang merupakan budaya asli Indonesia harus dikenal oleh kaum milenial. Pesan moral yang disampaikan melalui pementasan wayang masih relevan dengan kehidupan kita. Oleh sebab itu, BCA terus berupaya melalui ragam program yang edukatif dan fun mengenalkan wayang secara mendalam kepada pelajar di beberapa wilayah Tanah Air, salah satunya di Kota Bandung ini,” katanya.

Acara tersebut diisi dengan kegiatan Workshop Merakit Wayang, Workshop Kaparigelan Dalang, dan Pameran Wayang. Selain itu, pelajar menampilkan pementasan fragmen, yakni pelajar SMA BPI 2 dan SMP N 1 Cisarua menampilkan fragmen “Rebutan Konta”, pelajar SMA Negeri 1 dan SMP Al Fallah menampilkan fragmen “Jabang Tutuka”, pelajar SMA Negeri 7 menampilkan fragmen “Brajamusti Gugat”, serta pelajar SMK Pelita dan SMP N 1 Lembang menampilkan fragmen “Gatotkaca Sabda Guru”.

Inge menambahkan, Wayang for Student merupakan salah satu sarana yang disediakan oleh BCA melalui program CSR Bakti BCA untuk melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia. “Kemajuan teknologi kini mendominasi sebagian besar anak-anak muda di Indonesia. Namun, hal ini tidak menjadikan alasan untuk kita melupakan budaya autentik Indonesia seperti wayang. Hal ini menjadi latar belakang kami untuk secara konsisten sejak 2014 menggelar acara Wayang for Student,” kata Inge.

Wayang for Student diselenggarakan untuk mendekatkan wayang ke lingkungan anak-anak muda di Indonesia yang dapat meningkatkan kecerdasan baik intuisi, emosi, perasaan, nalar, dan naluri. Risa Amanda siswa SMP Al Fallah mengatakan, kami senang dapat mengikuti acara pagelaran wayang ini. Terima kasih kepada BCA yang secara terus-menerus memperkenalkan wayang kepada anak muda dengan cara yang fun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement