Jumat 06 Dec 2019 02:28 WIB

Baznas DKI Gelar Kompetisi Bisnis Tingkat Pelajar

Para pelajar dinilai mampu menciptakan dan mengemas produk dengan baik.

Peserta mempresentasikan produknya dalam kegiatan Jakbee Business Proposal.
Foto: Dok Baznas DKI
Peserta mempresentasikan produknya dalam kegiatan Jakbee Business Proposal.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sebanyak 26 kelompok pelajar dari 6 wilayah DKI Jakarta masuk ke babak final kompetisi bisnis tingkat pelajar Jakbee Business Proposal tingkat provinsi yang diselenggarakan Baznas (Bazis) DKI Jakarta, di Balaikota, Jakarta,  pada 4-5 Desember.

Wakil Ketua 2 Baznas (Bazis) DKI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saat Suharto mengatakan, para finalis diberikan kesempatan untuk mempresentasikan proposal bisnis yang mereka ajukan. Dalam sesi ini, kata dia, peserta mencoba menarik perhatian para dewan juri dengan  presentasi yang penuh percaya diri.

"Bahkan mereka pun membawa contoh dari produk-produk yang mereka buat untuk diperlihatkan kepada para dewan juri," kata Suharto dalam keterangan tertulis, Kamis (5/12).

Suharto mengatakan, ada berbagai macam produk hasil kreativitas para pelajar yang ditampilkan dalam ajang kompetisi bisnis kali ini. Kebanyakan berupa produk kuliner.

Beberapa produk yang ditampilkan adalah box Sehat.id yang merupakan makanan sehat berbasis semi vegatarian karya pelajar SMAN 73 Jakarta Utara. Kemudian, ada produk bernama Jamu Presiden (Jampres) dan Ice Aloe karya pelajar SMKN 40 Jakarta Timur. 

Selain itu, ada pula produk nonkuliner yang ditampilkan. Salah satunya bernama Nusa, produk jasa berbasis aplikasi Android. Lalu, ada produk kaos  dengan tema hero dan kebudayaan Indonesia dari SMA 41 Jakarta Selatan. 

Suharto sangat mengapresiasi karya-karya yang ditampilkan para peserta. Menurut dia, para pelajar tersebut mampu menciptakan dan mengemas produk dengan baik. 

"Jika mereka diberi kesempatan untuk mengembangkan ide-ide bisnisnya ini, maka akan terbuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang sehingga persoalan pengangguran di Jakarta akan bisa ditekan dengan maksimal," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement