Kamis 10 Oct 2019 15:41 WIB

Temui Jokowi, Petani Keluhkan Gempuran Kopi Impor

Kopi impor asal Amerika Latin dan Vietnam menyerbu pasar Indonesia

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya
Petani memanen biji kopi arabika di desa Cibeureum, Kec. Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, Selasa (20/8/2019).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Petani memanen biji kopi arabika di desa Cibeureum, Kec. Cilimus, Kuningan, Jawa Barat, Selasa (20/8/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petani kopi yang tergabung dalam Paguyuban Petani Sunda Hejo meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengerem laju impor kopi yang berasal dari negara-negara Amerika Latin dan Vietnam. Perwakilan petani kopi, Hamzah, mengeluhkan banjirnya pasokan kopi impor yang mengalir ke kedai-kedai kopi dalam negeri. Hamzah mengungkapkan, Amerika Latin lebih banyak mengirim kopi arabika, sementara Vietnam lebih banyak jenis robusta.

"Ada masalah besar Pak, di setiap kedai kopi muncul kopi impor Amerika Latin dan Vietnam. Mohon kebijakan agar impor tidak gampang mengalir. Karena harga akan lebih rendah di kami," ujar Hamzah kepada Jokowi di Istana Negara, Kamis (10/10).

Baca Juga

Menurutnya, kopi impor asal Amerika Latin dan Vietnam memiliki harga jual lebih murah ketimbang kopi lokal. Alasannya, produski kopi impor sudah menggunakan otomatisasi mesin.

"Sedangkan kami masih pakai tangan metiknya. Kalau kami tak bisa bersaing, harga kopi bisa turun," kata Hamzah.

Presiden Jokowi sendiri mengaku akan menindaklanjuti masukan dari para petani. Dalam sebuah kesempatan pada Agustus 2019 lalu, Jokowi juga sempat menyindir pengelola mal-mal yang selalu menempatkan merek kopi asing di posisi paling strategis. Meski tak menyebutkan merek kopi tersebut, Jokowi menilai bahwa seharusnya merek-merek kopi lokal bisa mendapat posisi yang setara.

"Kalau sudah mau minum kopi yang ditaruh di depan si 'itu'. Saya nggal usah sebut sudah tahu semuanya. Kopi kita kurang enak? Coba datang ke Tuku Coffee, datang ke Kenangan. Nggak ada bedanya. Harga separuh atau sepertiga," ujar Presiden di hadapan para pengelola pusat perbelanjaan dan pemilik merek-merek lokal, Kamis (15/8).

Jokowi pun meminta Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) untuk memfasilitas pemilik merek lokal demi bisa mendapat lokasi berdagang yang strategis. Presiden juga mengingatkan pengelola mal atau pusat perbelanjaan untuk bisa memberikan prioritas bagi merek lokal, bukan merek asing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement