Ahad 06 Oct 2019 12:34 WIB

Para Mobile Marketer, Coba 3 Cara Otomatisasi Pemasaran Ini

Penetrasi dan perilaku pengguna internet di Indonesia selalu meningkat 10% tiap tahun

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Para Mobile Marketer, Coba Tiga Cara Otomatisasi Pemasaran Berikut.... (FOTO: Priority Consultant, Pexel)
Para Mobile Marketer, Coba Tiga Cara Otomatisasi Pemasaran Berikut.... (FOTO: Priority Consultant, Pexel)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi dan perilaku pengguna internet di Indonesia selalu meningkat 10% tiap tahunnya. Di tahun sebelumnya, tercatat sebanyak 143,25 juta penduduk telah menggunakan internet. Tidak heran apabila digital marketing dapat berkembang secara pesat dalam memasarkan produknya di Indonesia. Namun, bagaimana cara efektif bagi para marketer untuk mengubah cara kerja mereka menjadi lebih efisien?

Menurut Josh Jang, Head of Sales Korea & SEA untuk perusahaan Adjust, sebuah perusahaan mobile measurement, mengatakan bahwa setidaknya ada tiga cara otomatisasi untuk merevolusi cara kerja digital dan mobile marketer agar lebih efisien, khususnya di Indonesia.

Baca Juga: Dear Marketer, Begini Tips Biar Merek Tetap Cantik di Mata Konsumen

Apa sebenarnya otomatisasi pemasaran?

Teknologi otomatisasi pemasaran dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, tetapi pada dasarnya teknologi otomatisasi adalah perangkat lunak yang secara otomatis mengontrol dan memantau tindakan pemasaran. Alat-alat ini akan mengambil tugas-tugas pemasaran yang membosankan dan berulang-ulang dan melakukannya dengan lebih efisien dibandingkan jika dilakukan secara manual. 

Analisis data contohnya, ilmuwan data, atau siapa pun yang bekerja dengan data dalam jumlah besar, menghabiskan hampir 80% dari hari kerja mereka untuk melakukan akuisisi, pembersihan, dan pengorganisasian data. Namun, hal ini tidak harus terjadi . Dengan otomatisasi pemasaran, kata Josh Jang, marketer pada dasarnya dapat menyerahkan pekerjaan yang menghabiskan waktu ini ke mesin, yang jauh lebih efisien dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Dan itu hanya permukaannya saja. Bagaimana lagi alat otomatisasi pemasaran dapat membantu, dan apa cara terbaik untuk memulainya?

1. Menghubungkan berbagai saluran

Salah satu daya tarik dari perangkat lunak otomatisasi pemasaran adalah kemampuannya untuk membantu pemasar menghubungkan saluran pemasaran mereka, yaitu menyatukan beberapa platform menjadi satu. Mengintegrasikan berbagai sumber tidak hanya memudahkan navigasi di antara mereka, tetapi juga membantu dalam membandingkan metrik dan melihat di mana optimalisasi dapat dilakukan.

 2. Integrasi data

Sementara pemasar memiliki akses ke lebih banyak data dari sebelumnya, kelebihan ini telah menghadirkan tantangan yang sangat nyata untuk melakukan konsolidasi dan memahami semuanya. Data dari satu sumber sangat membantu, tetapi bisa menambahnya dengan data lain yang berhubungan membuatnya menjadi lebih berarti. Saat ini, hal itu berarti upaya besar untuk merekonsiliasi data dari berbagai saluran, penyedia, dan layanan ke satu tempat sebelum dapat digunakan.

Untungnya, ada serangkaian alat baru yang dapat menghilangkan kerumitan rekonsiliasi. Hal ini mungkin menjadi trik otomatisasi perangkat lunak yang paling kuat. Keberhasilan pemasaran tidak hanya tentang jumlah data, tetapi juga tentang kemampuan menganalisisnya dengan benar, data terintegrasi menawarkan pemahaman yang jauh lebih baik tentang akuisisi pengguna, retensi, dan bahkan penipuan.

3. Pengoptimalan yang lebih cepat dan lebih sederhana

Ketika data akhirnya direkonsiliasi, di situlah strategi masuk. Sekarang, terserah pemasar untuk menganalisis dan memahami data ini, mengoptimalkan aliran pengguna, dan melakukan campaign yang sesuai.

Dengan data di telapak tangan mereka, pemasar dapat lebih mudah melihat di mana optimasi harus dilakukan. Selain itu, dengan bertambahnya jumlah saluran akuisisi setiap tahun, alat-alat ini sangat membantu untuk berhasil mengelola, mengoptimalkan, dan menemukan saluran, serta mengalokasikan anggaran dan mengotomatiskan penawaran.

 Baca Juga: Awas Tertukar! Ini Perbedaan Affiliate Marketer dan Reseller

Matt Sadofsky, seorang pemasar pertumbuhan (growth marketer) yang telah dikenal secara luas, memberikan gambaran yang lebih jelas. Skenario yang digunakannya berkisar pada permainan dengan tawaran cost per install (CPI) dasar untuk kampanye dengan kisaran $2 pada jaringan iklan di mana penerbit hanya menggerakan ifetime value (LTV) yang diproyeksikan senilai $0,07.

Dia menjelaskan, "Anda kehilangan $1,93 pada setiap aplikasi yang Anda instal. Sekarang, bayangkan Anda memiliki sistem yang dapat menentukan setelah 50 pemasangan atau kurang bahwa kampanye ini memiliki kemungkinan sangat rendah untuk berhasil. Menarik steker lebih awal akan menghemat $1,93 untuk setiap pemasangan. Jika Anda memiliki 100 sub-penerbit yang Anda matikan berkat sistem peringatan dini ini, Anda menghemat hampir $ 10.000. "

Otomatisasi sebagai peluang untuk meningkatkan

Bagi mereka yang ingin terjun ke dalam otomatisasi, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana memulainya. Meskipun alat-alat ini dapat dibuat sendiri, biayanya sangat besar untuk menghasilkan waktu dan uang, belum lagi pemeliharaannya. Sangatlah membantu untuk memilih mitra yang memberikan integrasi dan dukungan untuk meringankan beban dan memastikan data Anda digunakan secara maksimal.

Salah satu argumen paling kuat untuk otomatisasi adalah potensi yang dimilikinya untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Saat ini, menyulap begitu banyak alat, dasbor, dan sumber data membutuhkan banyak waktu. Hal tersebut menyisakan lebih sedikit peluang bagi tim untuk menghasilkan solusi berharga untuk masalah yang disajikan data, apakah itu mengoptimalkan materi iklan atau strategi untuk kampanye baru. Dengan otomatisasi yang lebih, pemasar akan menjadi lebih pintar dan lebih strategis karena mereka mendapatkan kembali waktu yang telah hilang untuk tugas-tugas yang tidak ada artinya.

Mesin dapat sangat berguna dalam beberapa hal. Seringkali, jauh lebih baik daripada manusia. Namun, masih ada banyak pekerjaan yang membutuhkan sentuhan manusia dan akan selalu seperti itu. Otomatisasi hanya membebaskan pemasar untuk melakukan lebih banyak tugas yang lebih penting dan kreatif.

Pada akhirnya, lanjut Sadofsky, manusia membutuhkan lebih banyak produk yang membuat pekerjaan pemasar menjadi lebih mudah, dengan peningkatan efisiensi dan skalabilitas yang lebih besar. Mengurangi alur kerja berulang memungkinkan tim fokus pada apa yang benar-benar penting bagi mereka, yaitu optimisasi kampanye untuk mendorong ROI (return of investment).

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement