Jumat 04 Oct 2019 16:48 WIB

Eropa akan Respons Kebijakan Tarif AS dengan Cara Sendiri

Kemungkinan EU akan memberlakukan tarif hukuman juga.

Rep: Antara/ Red: Friska Yolanda
Uni Eropa
Uni Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Uni Eropa (UE) akan mengambil langkah untuk merespons kebijakan tarif Amerika Serikat (AS) terhadap barang-barang Eropa. WTO memutuskan beberapa subsidi yang dibayarkan negara-negara UE kepada pembuat pesawat Airbus ilegal.

"Uni Eropa terpaksa akan bereaksi, setelah mendapatkan persetujuan dari Organisasi Dagang Dunia (WTO), kemungkinan EU akan memberlakukan tarif hukuman juga," kata Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, seperti dikutip Jumat (4/10).

Baca Juga

Penyataan Maas yang merupakan anggota partai Sosial Demokrat yang kini tengah memerintah itu dikeluarkan usai WTO memutuskan bahwa beberapa subsidi yang dibayarkan negara-negara UE kepada pembuat pesawat Airbus ilegal. Keputusan tersebut memberikan AS hak untuk bereaksi dengan memberlakukan tarif terhadap barang-barang impor dari UE.

Washington mengumumkan rencana tarif barunya pada Rabu. Menteri Keuangan Jerman, Olaf Scholz, yang juga anggota partai Sosial Demokrat, mengatakan pada Kamis (3/10) bahwa Eropa harus bertindak bijaksana saat merespons kebijakan AS itu. Dia mengatakan konflik dagang dalam dunia modern tak akan menguntungkan bagi pihak manapun.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement