Sabtu 05 Oct 2019 09:09 WIB

Duh! Mau Potong Anggaran, Produsen PC dan Printer Ini PHK Ribuan Karyawan!

HP Inc akan memutus kontrak sekitar 7 ribu-9 ribu pekerjanya demi efisiensi.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Duh! Mau Potong Anggaran, Produsen PC dan Printer Ini PHK Ribuan Karyawan!. (FOTO: REUTERS/Brendan McDermid)
Duh! Mau Potong Anggaran, Produsen PC dan Printer Ini PHK Ribuan Karyawan!. (FOTO: REUTERS/Brendan McDermid)

Warta Ekonomi.co.id, Surakarta

Produsen komputer dan printer Amerika Serikat (AS), HP Inc berniat memecat 16 persen pekerjanya sebagai upaya untuk memotong pengeluaran perusahaan di bawah kepemimpinan kepala eksekutif barunya.

Artinya, perusahaan itu akan memutus kontrak sekitar 7 ribu-9 ribu pekerjanya, baik itu pemecatan paksa maupun pensiun dini yang dilakukan dengan sukarela.

“Rencana itu akan menghasilkan penghematan laju panjualan kotor tahunan, sekitar 1 miliar dolar AS pada akhir tahun fiskal 2022,” kata perusahaan, dikutip dari Reuters, Jumat (4/10/2019).

Baca Juga: Kacau! Sederet Bank Ini PHK Massal, Hampir 60 Ribu Orang

Per 31 Oktober, HP Inc memiliki sekitar 55 ribu karyawan secara global, berdasarkan arsip yang disimpan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Itu menunjukkan, perusahaan berniat mengurangi hingga 16 persen karyawan.

Kepala Eksekutif HP Inc yang baru, Enrique Lores mengatakan, “kami mengambil tindakan tegas untuk memulai lembaran baru perusahaan.”

Pengurangan karyawan itu merupakan bagian dari upaya restrukturisasi yang dicanangkan oleh Lores. HP memperkirakan akan menggelontorkan sekitar 1 miliar dolar AS, dengan pengeluaran 100 juta dolar AS saat pelaporan pendapatan kuartal IV mendatang.

“Kami lihat peluang signifikan untuk menambah nilai kepada pemegang saham, kami akan meningkatkan (nilai) kepemimpinan, membuat terobosan di industri dan bertransformasi,” jelasnya lagi.

Lores akan mengambil alih nahkoda pimpinan HP pada 1 November mendatang, menggantikan Dion Weisler.

HP menargetkan untuk menghasilkan arus kas bebas sekitar 3 miliar dolar AS pada 2020 dan mengembalikan 75 persen kepada investor melalui peningkatan dividen kuartal sebesar 10 persen sehingga ada pembelian kembali.

Perusahaan mengatakan mengharapkan laba yang disesuaikan di kisaran 2,22 dolar AS hingga 2,32 dolar AS per saham untuk tahun fiskal 2020. Sementara untuk tahun fiskal saat ini, HP memperkirakan laba yang disesuaikan di kisaran 2,18 dolar AS hingga 2,22 dolar AS per saham, berdasarkan laporan pendapatan kuartal III.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement