Senin 19 Aug 2019 19:42 WIB

Persada-Adaro Kolaborasi dengan Ruangguru Beri Beasiswa

Pendidikan memiliki peran vital dalam memutus rantai kemiskinan.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Gita Amanda
(dari kiri) Pendiri Ruangguru Iman Usman bersama Presiden Direktur Persada Capital Investama Arini Subianto dan Ketua Umum Adaro Foundation Okty Damayanti memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/8).
Foto: Republika/Prayogi
(dari kiri) Pendiri Ruangguru Iman Usman bersama Presiden Direktur Persada Capital Investama Arini Subianto dan Ketua Umum Adaro Foundation Okty Damayanti memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persada Capital Investama menggandeng Ruangguru memberikan Persada Scholarship kepada lebih dari 1.800 guru di 15 kota/kabupaten dan 1.800 siswa di 12 kota/kabupaten di Indonesia.

Presiden Direktur Persada Capital Investama dan Komisaris PT Adaro Energy Tbk, Arini Subianto mengatakan, Persada Scholarship adalah beasiswa berupa akses belajar di Ruangguru selama satu tahun untuk siswa-siswi berprestasi kurang mampu dan guru berprestasi. Program yang diselenggarakan sejak Juni 2018 hingga Juni 2019 ini kemudian mendapat dukungan dari Adaro Foundation pada Maret 2019 sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Arini menyampaikan pendidikan memiliki peran vital dalam memutus rantai kemiskinan.

Baca Juga

"Itulah sebabnya kami mendukung peningkatan kualitas pendidikan melalui berbagai upaya yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat," ujar Arini dalam jumpa pers terkait program Indonesian Teaching Fellows (ITF) dan Persada Scholarship di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

Salah satunya kolaborasi Persada Capital Investama dengan Adaro Foundation dan Ruangguru yang bertujuan memberikan kemudahan pembelajaran secara daring bagi siswa dan guru tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

"Kami bangga karena kolaborasi ini telah memberikan dampak positif bagi para penerima beasiswa," ucap Arini.

Kerja sama Adaro Foundation dan Persada Capital Investama merupakan bagian dari Program “Adaro Nyalakan Ilmu” yaitu komitmen tanggung jawab sosial di bidang pendidikan dengan skema Grant Match senilai Rp 1,1 triliun yang diluncurkan pada 2018.

Ketua Umum Adaro Foundation, Okty Damayanti menjelaskan melalui Adaro Nyalakan Ilmu, pihaknya menjalankan program-program yang fokus pada pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan memadukan pengetahuan, keterampilan dan pengembangan karakter.

"Adaro percaya bahwa pendidikan faktor penentu kemajuan bangsa. Bukan hanya pendidikan akademik namun juga pendidikan karakter sehingga diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, tangguh dan berdedikasi tinggi, yang merupakan modal utama pembangunan bangsa," kata Okty.

Persada Scholarship terdiri atas dua program yakni program beasiswa persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) dan Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) kepada 1.800 siswa di Kota/Kabupaten Lhokseumawe, Deli Serdang, Pematangsiantar, Pangkalpinang, Jambi, Banjarbaru, Brebes, Kendal, Semarang, Banyumas, Tabanan, dan Bireuen.

Untuk guru, Persada Scholarship dikemas dengan nama Indonesia Teaching Fellowship (ITF) di mana guru mendapatkan akses ruangbelajar for teacher di aplikasi ruangguru selama satu tahun. Guru juga mendapatkan pelatihan mengenai perencanaan kurikulum, strategi pembelajaran, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, manajemen pendidikan berbasis sekolah, keterampilan sosial guru, dan pendidikan inklusif.

Pendiri Ruangguru Iman Usman mengatakan keberhasilan para siswa ini didukung platform yang disediakan Ruangguru yaitu ruang belajar dan akses tutoring online melalui ruangguru digital boot camp. Iman menjelaskan, para siswa, selain dapat mengakses puluhan ribu video belajar dan ratusan ribu latihan soal secara gratis, platform Ruangguru juga mendapatkan fasilitas konseling dalam mengatasi masalah belajar hingga memilih jurusan kuliah.

"Dengan fasilitas ini nilai rata-rata UN siswa Persada Scholarship lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata UN tingkat nasional dan daerah tempat tinggal masing-masing siswa Persada. Lebih dari 55 persen siswa Persada Scholarship telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)," ujar Iman.

Salah satu penerima Persada Scholarship asal SMA Negeri 1 Pangkalpinang, Ego, yang menjadi pembicara di World Speech Day 2019 mengungkapkan rasa syukurnya telah menjadi bagian dari Persada Scholarship.

“Saya bersyukur sekali bisa terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa Persada Scholarship. Ruangguru benar-benar membantu dalam mempersiapkan saya menghadapi ujian sekolah. Tidak hanya menyiapkan secara akademis tetapi juga memberikan motivasi," kata Ego.

Kolaborasi Adaro Foundation, Persada Capital Investama dan Ruangguru ini merupakan langkah nyata untuk memberikan akses pendidikan kepada putra-putri Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement