Kamis 15 Aug 2019 17:32 WIB

Kemendes PDTT Beri Penghargaan Transmigran Teladan

Membangun daerah transmigrasi tidak mudah dan perlu komitmen para transmigran.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Gita Amanda
Daerah Transmigrasi Gorontalo: Foto udara lokasi pemukiman dan lahan transmigrasi di Desa Puncak, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Selasa (5/3/2019).
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Daerah Transmigrasi Gorontalo: Foto udara lokasi pemukiman dan lahan transmigrasi di Desa Puncak, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Selasa (5/3/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengadakan acara pemberian penghargaan Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan Tahun 2019. Acara ini diselenggarakan di Balai Makarti Muktitama Gedung Kemendes PDTT, Jakarta Selatan, pada Kamis (15/8).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan, bangga kepada para transmigran yang sukses dan mampu menambah pendapatan yang begitu besar. Sehingga ekonomi di daerah transmigrasi berkembang pesat dan maju.

Baca Juga

"Kami tadi sudah mengumumkan pemenang transmigran teladan dan pembina transmigran teladan. Kami lihat transmigran juga ada yang pendapatnya lebih dari 600 juta per tahun," katanya di Gedung Makarti Muktitama, Jakarta Selatan.

Eko berpesan kepada para transmigran untuk tidak menyerah untuk mencapai kesuksesan di dunia bisnis. Membangun daerah transmigrasi memang tidak mudah dan perlu komitmen dan perjuangan dari para transmigran. Selain itu, ia juga berharap para transmigran terus berinovasi.

"Penting sekali untuk menciptakan sesuatu yang baru khususnya di bidang pariwisata. Jadi, pendapatan terus bertambah dan juga daerah transmigrasi menjadi daerah yang dikunjungi para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri," kata dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, M Nurdin bertugas untuk melaporkan hasil dari program-program transmigrasi. Ia juga mengumumkan pemenang transmigran teladan dan pembina permukiman transmigran teladan.

"Hari ini kami akan umumkan semua pemenangnya, ada yang tadinya menjadi kuli bangunan, supir dan TKI. Mereka berhak mendapatkan atas hasil jerih payahnya dan usahanya," kata Nurdin.

Berikut hasil pemenang transmigran teladan dan pembina permukiman transmigran teladan.

Pembina Permukiman Transmigran Teladan :

Juara 1: Rahman Budiawan, Kalimantan Utara

Juara 2: Roni Ahmad, Sulawesi Utara

Juara 3: Nasrullah, NTB

Harapan 1: Hermawan, Sulawesi Tengah

Harapan 2: Jumain, Sulawesi Selatan

Harapan 3: Imanuel, Sulawesi Barat

Transmigran Teladan:

Juara 1: Doddy Tisna Amijaya, NTB

Juara 2: Robert Kale, NTT

Juara 3: Choirul Anwar, Sulawesi Tenggara

Harapan 1: Roni Dwi Susanto, Sulawesi Tengah

Harapan 2: Katiran, Maluku Utara

Harapan 3: Kabidin, Aceh

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement