Rabu 07 Aug 2019 10:12 WIB

BI: Indeks Keyakinan Konsumen Juli 2019 Turun

Penurunan indeks dipengaruhi menurunnya keyakinan konsumen terhadap lapangan kerja

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Konsumen/ilustrasi
Foto: IST
Konsumen/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) mencatat perlambatan pada survei konsumen pada Juli 2019. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2019 lebih rendah sebesar 124,8 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya 126,4.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia mengatakan survei konsumen pada Juli 2019 tetap berada pada level optimis atau di atas 100.

Baca Juga

"Optimisme konsumen yang tetap terjaga ditopang oleh ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan yang membaik," ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika, Rabu (7/8).

Hal ini terindikasi oleh Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) yang meningkat sejalan dengan tetap kuatnya ekspektasi konsumen terhadap kenaikan penghasilan ke depan. Sementara itu, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat melemah dari bulan sebelumnya, terutama dipengaruhi oleh menurunnya keyakinan konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja.

 

"Hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga pada enam bulan mendatang atau Januari 2020 diprakirakan meningkat," ucapnya.

Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) enam bulan mendatang sebesar 174,9 atau meningkat dari 170,3 pada bulan sebelumnya. Peningkatan itu disebabkan oleh tingginya permintaan pada awal tahun yang berdampak pada kenaikan harga barang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement