Senin 22 Jul 2019 06:44 WIB

OJK Minta Bank Mandiri Segera Laporkan Masalah yang Terjadi

OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan Bank Mandiri

Nasabah bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri, Jakarta, Senin (8/7/2019).
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Nasabah bertransaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) Bank Mandiri, Jakarta, Senin (8/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta Bank Mandiri segera melaporkan permasalahan yang terjadi. Bank Mandiri juga diminta melapor langkah-langkah yang akan mereka lakukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari.

"OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank itu," kata Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Manajemen Strategis OJK Anto Prabowo dalam keterangannya, Ahad (22/7).

Baca Juga

Saat ini yang terpenting adalah pelayanan sudah kembali normal dan mereka juga telah menjamin keamanan dana nasabah. "Dengan demikian tidak ada nasabah yang terkurangi hak-nya," katanya.

Menurut dia, permasalahan yang telah terjadi ini penting untuk menjadi perhatian industri perbankan. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standar operasional yang baik jika gangguan sistem terjadi.

Penanganan harus memprioritaskan aspek perlindungan konsumen terkait dengan hak nasabah termasuk pemulihan layanannya. OJK minta semua bank untuk terus melakukan review fungsi IT yang dimiliki secara berkala dalam rangka menegakkan tata kelola manajemen risiko operasional yang prudent dan berjalan dengan baik.

"Hal ini merupakan bentuk upaya peningkatan pelayanan perbankan ke depannya dan mencegah agar permasalahan ini tidak terulang lagi ke depannya," ujar Anto.

Sebelumnya, Bank Mandiri minta masyarakat tidak mengakses layanan mobile banking (M-banking) untuk sementara waktu karena dikhawatirkan berdampak pada proses perbaikan. Perbaikan yang dimaksud yakni penelusuran gangguan yang membuat saldo nasabah bertambah maupun berkurang secara drastis pada Sabtu (20/7).

Gangguan itu terjadi akibat ada error saat akan dilakukan perpindahan dan pemeliharaan proses dari sistem inti ke sistem cadangan yang rutin dilaksanakan setiap akhir hari. Sekitar 10 persen nasabah Bank Mandiri mengalami kehilangan atau pertambahan saldo secara tiba-tiba.

Bank Mandiri sudah memastikan seluruh layanan perbankan meliputi Mandiri Online, internet banking, SMS banking, ATM, dan EDC sudah beroperasi normal pascanormalisasi saldo rekening. "Saat ini, layanan sudah pulih dan kami senantiasa memastikan keamanan rekening nasabah," ujar Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (20/7).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement