Sabtu 20 Jul 2019 00:22 WIB

Kapal Tunda Pesanan Pelindo I Ditarget Selesai Awal 2020

PT IKI dan PT DPS mendapat tugas membangun dua kapal untuk PT Pelindo I

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Kapal tunda (tug boat) melintas di perairan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Selasa (2/7/2019).
Foto: Antara/Didik Suhartono
Kapal tunda (tug boat) melintas di perairan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Selasa (2/7/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Direktur Utama PT. Dok Perkapalan Surabaya (DPS) Bambang Soendjaswono bersama Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia I Putra Hosadi Apriza melaksanakan peletakan Lunas Kapal (Keel Laying) pembangunan Unit Kapal Tunda pesanan Pelindo I di Surabaya, Jumat (19/7). Bambang meyakini, penggarapan kapal yang bekerja sama dengan PT. Industri Kapal Indonesia (IKI) akan selesai sesuai target, yakni pada awal 2020.

Bambang mengatakan, optimisme itu karena saat ini sudah memasuki tahap peletakkan tunas yang juga menandai hari lahirnya kapal dan pemberian kode nama, yakni N19614 dan N19615. "Kami optimistis dapat tuntas secara on schedule dan diharapkan selesai sesuai target," kata Bambang.

Direktur Teknik PT. Pelabuhan Indonesia I, Putra Hosadi Apriza mengapresiasi proses pengerjaan kapal Pelindo I yang dilakukan secara bersama-sama antarperusahaan BUMN. Pembangunan kapal ini, diakui sebagai bagian dari peningkatan pelayanan Pelindo I di Dumai, Batam, dan diharapkan terus berjalan baik tanpa ada kendala.

"Diharapkan terus berjalan baik tanpa ada kendala berarti, serta bisa rampung dalam waktu yang disepakati dengan spesifikasi sesuai," ujar Putra.

Putra memuji pola pengerjaan kapal yang dilakukan lewat kolaborasi antarBUMN dan berjalan lancar. Kerja sama ini menurutnya sebagai wujud nyata dari sinergi BUMN serta sebagai simbol kerukunan antar perusahaan plat merah tersebut.

Sebelumnya, PT IKI dan PT DPS mendapat tugas membangun dua kapal untuk PT Pelindo I yang dipusatkan di Surabaya. Pembangunan dua unit Kapal Tunda kapasitas 2 X 1800 HP itu dengan nilai kontrak sebesar Rp135,8 miliar yang direncanakan memakan waktu 510 hari.

Spesifikasi Kapal Tunda kap 2 X 1800 HP dengan nomor pembangunan N. 19614 dan 19615 itu memiliki panjang kapal (LOA) 30,00 meter, lebar 11,60 meter dan tinggi 5,10 meter. Sementara sarat air 3,50 meter dengan main engine 2x1800 HP dan Bollard Pull 42,00 ton serta memiliki kecepatan 12,00 Knot dengan Klasifikasi Lloyd's Register (LR).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement