Jumat 12 Jul 2019 03:32 WIB

Defisit Anggaran Amerika Tembus 8 Miliar Dolar AS Juni 2019

Defisit diperkirakan mencapai 6,35 miliar dolar AS untuk bulan ini.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Gita Amanda
Sektor Keuangan (ilustrasi)
Sektor Keuangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemerintah Amerika Serikat membukukan defisit anggaran sebesar delapan miliar dolar AS pada Juni ini berdasarkan data yang dirilis pada, Kamis (11/7). Sedangkan data dari Departemen Keuangan Analis yang disurvei oleh Reuters, defisit diperkirakan mencapai 6,35 miliar dolar AS untuk bulan ini.

Departemen Keuangan Amerika mengatakan, pengeluaran federal pada bulan Juni sebesar 342 miliar dolar AS atau mengalami penurunan sebesar 12 persen dari bulan yang sama pada tahun 2018. Sedangkan penerimaan mencapai 334 miliar dolar AS atau mengalami kenaikan sebesar 6 persen jika  dibandingkan dengan Juni 2018.

Baca Juga

"Di sisi lain, defisit untuk tahun fiskal hingga saat ini sebesar 747 miliar dolar AS, dibandingkan dengan 607 miliar dolar AS pada periode yang sebanding di tahun sebelumnya," kata keterangan resmi dari Departemen Keuangan Amerika seperti dikutip dari Reuters, Jumat (12/7) dini hari.

Seperti diketahui, defisit anggaran Amerika Serikat membengkak selama delapan bulan pertama tahun fiskal. Dalam ulasan anggaran bulanan yang dirilis pada (12/6) lalu, Departemen Keuangan AS melaporkan defisit anggaran melebar menjadi 738,6 miliar dolar AS selama delapan bulan pertama tahun fiskal atau naik sebesar 206 miliar dolar AS dari tahun sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement