Senin 08 Jul 2019 14:08 WIB

Kepala BKP Kementan Memanen Sayuran di Lahan TTIC

Pemanfaatan lahan pekarangan sebagai area pertanaman sangat perlu dilakukan.

Red: EH Ismail
Kepala BKP Kementan (kiri) memanen sayuran didampingi sekretaris BKP Riwantoro (kanan)
Foto: Humas Kementan
Kepala BKP Kementan (kiri) memanen sayuran didampingi sekretaris BKP Riwantoro (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi memanen sayuran di lahan TTIC sekitar Pasar Minggu Jakarta pada Senin (8/7). Lahan TTIC dioptimalkan sebagai demplot dan percontohan bagi masyarakat luas dalam rangka optimalisasi pekarangan untuk pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga. 

Kegiatan yang dikemas dengan nama Obor Pangan Lestari (OPAL) ini memiliki misi agar masyarakat dengan lahan sekecil apapun dapat menjadi tempat budidaya berbagai tanaman.

Dalam panen sayuran di kebun percontohan OPAL TTIC Pasar Minggu ini, Agung didampingi  Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Riwantoro dan  Kepala Pusat Distribusi Dan Cadangan Pangan Risfaheri. Pemanfaatan lahan pekarangan sebagai area pertanaman sangat perlu dilakukan.

Fungsinya sebagai pendukung pemenuhan sumber pangan Dan gizi keluarga. Pada area pertanaman dapat dibudayakan aneka ragam sayuran, buah, dan ikan serta tanaman toga," ujar Agung. 

 

photo
Panen sayuran di lahan TTIC Pasar Minggu.

Selain itu, Agung menambahkan, aktivitas pertanaman ini sangat bagus untuk dapat dijadikan sebagai promosi kepada masyarakat yang berkunjung ke TTIC dalam pemanfaatan lahan pekarangan.

Kegiatan OPAL diselenggarakan oleh seluruh unit Kerja Eselon I lingkup Kementerian Pertanian, UPT Lingkup Kementerian dan Dinas Provinsi Dan Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang pertanian dan/atau pangan. Pelaksanaan kegiatan OPAL disesuaikan   dengan sumberdaya lokal serta karakteristik wilayah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement