Senin 17 Jun 2019 10:18 WIB

AP II Mulai Tata Rute Perpindahan Penerbangan ke Kertajati

Husein Sastranegara dan Kertajati akan saling melengkapi

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mulai melakukan penataan rute penerbangan di Bandara Internasional Husein Sastranegara dan Bandara Internasional Kertajati di Jawa Barat.  VP of Corporate Communications AP II Yado Yarismano mengatakan Husein Sastranegara dan Kertajati siap melakukan penataan penerbangan ini.   

"Fasilitas yang terkait dengan keselamatan dan keamanan penerbangan, baik itu di Husein Sastranegara dan Kertajati, sudah bisa dipenuhi. Kami siap menjalankan penataan penerbangan mulai 15 Juni 2019 dan ingin secepatnya merealisasikan perpindahan penerbangan itu," ujar Yado, Senin (17/6).

Baca Juga

 Menurut Yado, saat ini AP II bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan lain termasuk maskapai sedang mempersiapkan agar perpindahan penerbangan  dapat segera direalisasikan. AP II berkomitmen membantu maskapai agar perpindahan berjalan mulus.

 Adapun penataan dimaksud di antaranya adalah pengalihan rute penerbangan domestik yang diopersikan dengan pesawat jet dari Husein Sastranegara ke Kertajati. Kebutuhan maskapai menjelang perpindahan penerbangan ini antara lain adalah terkait dengan sistem penjualan tiket.

Selain itu, rotasi pesawat yang memang membutuhkan perhitungan matang agar tidak mengganggu operasional secara keseluruhan. Di samping itu, ujar dia, maskapai juga tentunya membutuhkan waktu guna mengkomunikasikan perpindahan penerbangan.   

Maskapai juga perlu memproses izin rute yang baru untuk dapat melayani penerbangan dari Kertajati, serta memperoleh slot penerbangan di bandara. Hingga maskapai siap memindahkan penerbangan, maka jadwal keberangkatan dan kedatangan seluruh rute penerbangan domestik masih melalui Husein Sastranegara.   

"Prioritas kami adalah membantu maskapai agar bisa secepatnya mengalihkan penerbangan domestik yang beroperasi dengan pesawat jet untuk bisa pindah ke Kertajati, kami sangat terbuka mendengar permintaan mereka,'' ujarnya.   

Adapun seluruh penerbangan rute internasional dan penerbangan domestik dengan pesawat propeller (baling-baling) akan tetap dilayani melalui Husein Sastranegara.    ''Dari sisi operasional, Husein Sastranegara dan Kertajati akan saling melengkapi dan mendukung satu sama lain agar kedua bandara itu dapat mendukung pertumbuhan sektor penerbangan nasional secara efektif dan efisien,'' katanya.   

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement