Jumat 07 Jun 2019 18:03 WIB

Makanan tak Aman Sebabkan 600 Juta Kasus Penyakit

Tanggal 7 Juni diperingati sebagai hari keselamatan pangan sedunia.

Makanan siap saji
Foto: flickr.com
Makanan siap saji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari ini (7/6), dunia pertama kalinya akan memperingati Hari Keselamatan Pangan Sedunia (World Food Safety Day). PBB  menunjuk dua badan di bawahnya yaitu Badan Pangan dan Pertanian (FAO) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memimpin dan membantu usaha dalam mempromosikan keselamatan pangan secara global.

Sekitar 600 juta kasus penyakit yang disebabkan oleh makanan terjadi setiap tahun di seluruh dunia. Makanan yang tidak aman merupakan ancaman bagi kesehatan manusia dan ekonomi.

Baca Juga

Diperkirakan tiga juta orang di seluruh dunia-di negara maju dan berkembang meninggal setiap tahun karena makanan dan penyakit yang ditularkan melalui air.

“FAO berkomitmen untuk dunia tanpa kelaparan. Memastikan bahwa makanan itu aman sangat penting dalam agenda kami. Industri memiliki peran penting dalam memastikan bahwa makanan tetap aman di setiap tahap makanan mulai dari produksi hingga ke konsumen," kata Stephen Rudgard, Perwakilan FAO di Indonesia dalam pernyatannya menandai Hari Keamanan Pangan Dunia.

Keamanan pangan adalah tidak adanya zat pada makanan yang dapat membahayakan kesehatan konsumen. Bahaya yang ditularkan melalui makanan dapat bersifat mikrobiologis, kimia, atau fisik dan sering tidak terlihat oleh mata, seperti bakteri, virus, atau residu pestisida.

Indonesia adalah negara berpenghasilan menengah, dengan jumlah penduduk terus meningkat sampai 260 juta. Konsumen Indonesia mewakili pasar besar untuk industri makanan besar dan cepat dalam bentuk bisnis makanan "siap saji", restoran, supermarket, katering, dan pedagang kaki lima yang cukup besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement