Senin 27 May 2019 18:17 WIB

Gajayana Perkenalkan Gerbong Sleeper Mewah Terbaru

Gerabong mewah KA Gajayana sudah dioperasikan sejak 26 Mei.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Reiny Dwinanda
PT KAI Daop 8 Surabaya meluncurkan layanan gerbong kereta sleeper jenis baru dengan nama Luxury generasi 2 pada KA Gajayana relasi Malang - Gambir.
Foto: Dok Humas PT KAI
PT KAI Daop 8 Surabaya meluncurkan layanan gerbong kereta sleeper jenis baru dengan nama Luxury generasi 2 pada KA Gajayana relasi Malang - Gambir.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- PT KAI Daop 8 Surabaya meluncurkan layanan gerbong kereta sleeper jenis baru dengan nama Luxury generasi 2 pada KA Gajayana relasi Malang-Gambir. Selain di KA Gajayana (Malang-Gambir/pp), konsep ini juga dirangkaikan pada KA Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan /pp), KA Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan/ pp), dan KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp).

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, minat masyarakat untuk menggunakan kereta Luxury generasi pertama sangat positif. Sebagai contoh, rata-rata okupansi kereta Argo Bromo Anggrek Luxury (Surabaya Pasar Turi-Gambir/pp) mencapai 108 persen.

Melihat okupansinya yang tinggi ini, KAI Daop 8 Surabaya kembali mengadakan layanan gerbong Kereta Luxury untuk melayani lebih banyak penumpang. Kali ini, giliran KA Gajayana yang dirangkaikan dengan layanan gerbong kereta mewah generasi 2.

photo
Petugas PT Kereta Api Indonesia mengecek kelengkapan fasilitas di Gerbong Luxury sebelum dioperasikan dengan rangkaian Kereta Api Gajayana, Jurusan Malang-Jakarta di Stasiun Kotabaru Malang, Jawa Timur, Sabtu (25/5/2019).

Gerbong mewah KA Gajayana sudah dioperasikan sejak Ahad (26/5). KA Gajayana (KA 41) relasi Malang-Gambir berangkat dari Stasiun Malang pada pukul 13:30 WIB.

"Keretanya tiba di Stasiun Gambir jam 04:27 WIB," kata Suprapto.

Sementara itu, jadwal KA Gajayana (KA 42) relasi Jakarta-Malang berangkat Stasiun Gambir pada pukul 17:40 WIB dan akan tiba di Stasiun Malang sekitar pukul 09:06 WIB. Menurut Suprapto, layanan eksklusif kereta ini serupa kelas bisnis di pesawat.

Pengguna dapat menikmati kursi yang dapat direbahkan hingga 140 derajat secara elektrik. Kursinya bisa diputar 180 derajat dan memiliki sandaran kaki elektrik serta dilengkapi layar TV. Kereta juga menyediakan saklar USB, nampan lipat, bantal, selimut, dan handuk wajah.

"Ada lampu baca, tombol untuk memanggil pramugari, dan fasilitas untuk kenyamanan penumpang lainnya," jelas dia.

Tak hanya itu, penumpang juga disediakan makanan berat, minuman, dan makanan penutup selama perjalanan. Di gerbong kereta Luxury 2 juga tersedia mini bar di mana penumpang bisa menikmati minuman dan kudapan sepuasnya. Apalagi, KAI juga menugaskan satu orang pramugari khusus untuk melayani para penumpang.

Suprapto mengatakan, gerbong kereta Luxury 2 memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan denganpendahulunya. Jumlah tempat duduk dan rute KA yang lebih banyak.

"Kereta Luxury 2 berkapasitas 26 seat, sedangkan kereta Luxury generasi pertama hanya 18 tempat duduk," ujar Suprapto melalui pesan yang diterima wartawan, Senin (27/5).

Suprapto menjelaskan, pihaknya tengah menyediakan promo khusus bagi calon penumpang Harga tiket untuk layanan eksklusif terbaru ini dibanderol dengan harga satu juta rupiah. Jumlah ini untuk keberangkatan pada 26 Mei 2019 hingga 26 Juni 2019.

"Pemesanan dapat dilakukan di loket stasiun, aplikasi KAI Access, laman KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya," jelasnya.

Dengan adanya layanan gerbong ini, Suprapto berharap masyarakat Malang dapat merasakan sensasi naik kereta dengan tingkat pelayanan dan kenyamanan yang lebih eksklusif. Selain itu, ia berharap kereta gerbong Luxury 2 bisa membantu meningkatkan tingkat jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah Malang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement