Kamis 25 Apr 2019 08:57 WIB

Anies: Jakarta Jadi Kota Global pada 2030

MRT menjadi penguat Jakarta sebagai Kota Global.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolanda
Gubernur Jakarta, Anies Baswedan membuka Jakarta Marketing Week 2019 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (24/4).
Foto: Republika/Lida Puspaningtyas
Gubernur Jakarta, Anies Baswedan membuka Jakarta Marketing Week 2019 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (24/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan dan membuka kegiatan Jakarta Marketing Week 2019 di Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (24/4) malam. Dalam sambutannya, ia menyatakan ambisi untuk menjadikan Jakarta sebagai salah satu kota global di dunia.

"Kita ingin, Jakarta tidak hanya sebagai ibukota Indonesia tapi juga ASEAN," kata Anies.

Jakarta diharapkan dapat menjadi salah satu pengerak aktif ekonomi di Asia. Ia juga menyebut Jakarta dapat menjadi kota global pada 2030.

Maka dari itu, ia berharap mendapat gagasan dan ide dari berbagai pihak. Termasuk dengan memasarkankan Jakarta ke segala penjuru dunia. 

"Kami berharap bantuan melalui ide dan gagasan untuk mengampanyekan Jakarta sebagai kota global," katanya.

Anies mengatakan Mass Rapid Transit (MRT) adalah satu yang akan menjadi penguat. Untuk menjadi kota global, Jakarta perlu berbenah dan bersiap diri. 

Ia mengatakan MRT bukan sebagai alat transportasi melainkan alat transformasi sosial budaya. MRT menjadi alat pemersatu yang menciptakan kesetaraan. Semua orang memiliki hak dan kewajiban yang sama di dalamnya.

"Mau office boy mau direktur semuanya sama, bisa duduk bersama, tidak ada yang lebih rendah, tidak ada yang lebih tinggi," kata dia.

MRT menjadi wadah untuk berinteraksi dan mempersatukan. Ia berharap MRT membawa kebiasaan baru, ketertiban, kerapian, adab, dan profesionalisme yang dapat menjadikan Jakarta sebagai kota global.

Jakarta Marketing Week 2019 sendiri merupakan ajang akbar para pelaku marketing yang diselenggarakan MarkPlus Inc. Kegiatan ini telah berlangsung rutin sejak 2013.

JMW 2019 digelar mulai 24-30 April 2019. Event tersebut dirancang sebagai platform update knowledge, hiburan, dan networking. Founder dan Chairman MarkPlus Inc. Hermawan Kartajaya mengatakan tahun ini temanya adalah 'Community Does Matter: It's OMNI Time'.

"Mereka para komunitas yang paling kuat merekomendasikan sebuah brand secara cuma-cuma, sementara di era serba digital brand akan semakin kuat tidak hanya offline tapi juga online, integrasi ini melahirkan positioning kuat yang disebut OMNI," kata dia.

JWM menghadirkan tema berbeda setiap harinya. Hari pertama adalah BUMN Day. Seterusnya akan ada tema Entrepreneur Day, OMNI Day, Lifestyle Day, dan lain-lain. Kegiatan ini menyuguhkan beragam acara seperti talkshow, hiburan, demo di panggung, dan dihadiri oleh tokoh-tokoh publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement