Jumat 05 Apr 2019 14:00 WIB

IB Vaganza 2019 Resmi Digelar 

IB Vaganza bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan literasi masyarakat.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Satya Festyiani
Petugas melayani nasabah di salah satu kantor Bank Danamon Syariah di Jakarta, Selasa (16/10).
Foto: Republika/Prayogi
Petugas melayani nasabah di salah satu kantor Bank Danamon Syariah di Jakarta, Selasa (16/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Expo Perbankan Syariah "IB Vaganza" resmi digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur. Berlangsung dari 5-7 April 2019, gelaran ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan literasi masyarakat, khususnya di Balikpapan, terhadap perbankan syariah.

"Kita ingin masyarakat Balikpapan yang perekonomiannya bagus, jangan sampai tidak mengerti ada produk yang sesuai produk syariah," kata Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sarjito, Jumat (5/4).

 

Berdasarkan data OJK, saat ini perkembangan kinerja keuangan syariah Kalimantan Timur menunjukkan pertumbuhan yang positif. OJK mencatat, aset Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) tumbuh 30,73 persen atau Rp 7,34 triliun. 

 

Selain itu, pertumbuhan signifikan juga terjadi di sektor pembiayaan yaitu 10,6 persen year on year (yoy) atau sebesar Rp 4,81 triliun. Sedangkan DPK tumbuh 31,47 persen atau sebesar Rp 7,13 triliun.

 

Sarjito optimistis, pertumbuhan kinerja keuangan dan perbankan syariah bisa lebih pesat seiring dengan diadakannya kegiatan-kegiatan edukasi seperti iB Vaganza. Tahun lalu, gelaran iB Vaganza sukses menambah hingga 20 ribu nasabah bank syariah.

 

IB Vaganza 2019, didukung oleh 15 industri perbankan syariah seperti Danamon Syariah, Bank Kaltimtara, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah, Bank Muamalat BTN Syariah, CIMB Niaga Syariah, OCBC Syariah, Maybank Syariah Bank Sinar Mas Syariah hingga Askrindo Syariah. 

 

Direktur Bank Danamon untuk Unit Usaha Syariah, Herry Hykmanto, berharap IB Vaganza Balikpapan bisa menjadi ajang bagi perbankan syariah untuk menyosialisasikan berbagai produk dan layanan yang ditawarkan oleh perbankan syariah.  

 

"Harapan kami masyarakat Balikpapan bisa mengenal lebih dekat mengenai perbankan syariah, dan langsung mencoba memanfaatkan produk-produknya,” tutur Herry.

 

Expo Perbankan Syariah IB Vaganza Balikpapan” diisi dengan beberapa kegiatan edukasi talk show seputar perbankan syariah hingga peluncuran beberapa produk perbankan syariah.

 

Khusus untuk rekening yang dibuka pada saat acara iB Vaganza Balikpapan, calon nasabah berpeluang mendapatkan undian hadiah harian berupa Voucher Belanja, Logam Emas serta doorprize sepeda dan motor. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement