Senin 18 Mar 2019 17:19 WIB

Menhub Janjikan Gerbong MRT Khusus Perempuan

MRT direncanakan mulai beroperasi pada 1 April 2019.

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Iriana Joko Widodo Naik MRT. Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mencoba menaiki MRT di Jakarta, Senin (18/3).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Iriana Joko Widodo Naik MRT. Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mencoba menaiki MRT di Jakarta, Senin (18/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang berisikan istri dari menteri-menteri kabinet kerja melakukan uji coba MRT pada Senin (18/3). Sepanjang perjalanan, Ibu Negara Iriana menanyakan gerbong khusus perempuan.

Pertanyaan tersebut dijawab oleh Menhub, dikatakannya akan diadakan gerbong khusus perempuan. "Ya ibu tadi bertanya khususnya berkaitan dengan kereta api, mengenai kecepatan, jumlah penumpang mengenai wanita dikhususkan atau tidak, jam berapa sampai jam berapa beroperasinya. Saya pikir itu adalah pertanyaan yang memang harus disampaikan ke masyarakat," ujarnya di Stasiun MRT Bundaran HI.

Baca Juga

Ke depan, Menhub berjanji akan menyediakan gerbong wanita yang berada di gerbong 3 dan 4, serta berlaku pada saat jam sibuk. Sehingga penumpang wanita tetap merasa nyaman.

"Gerbong khusus ada dua gerbong di 3 dan 4 untuk wanita dan anak-anak, berlaku pada jam sibuk. Saya pikir kalau desak-desakan kan bahaya," jelas Menhub.

Menurutnya kunjugan Ibu Negara Iriana bersama OASE Kabinet Kerja merupakan bentuk sosialisasi MRT kepada masyarakat. Karena transportasi publik khusunya MRT sangat butuh sosialisasi.

"Ya saya terimakasih Ibu Negara dan Ibu Wapres hadir dan OASE, ini sebenarnya bagian dari sosialisasi bagi MRT dan bagi transportasi publik itu penting sekali sosialisasi," tutur Menhub.

MRT akan diresmikan pada 24 Maret 2019 dan pada 1 April 2019 akan resmi beroperasi. Sejak tanggal 12 Maret lalu telah dibuka uji coba untuk masyarkat. Untuk melakukan uji coba masyarakat diharuskan untuk mendaftar online di website www.ayocobamrtj.com dan akan dikonfirmasi melalui email, maksimal satu sehari sebelum keberangkatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement