Jumat 08 Mar 2019 08:37 WIB

Genangan Air Surut, Tol Caruban-Madiun Sudah Bisa Dilalui

Pembukan jalur tol tetsebut sudah dilakukan sejak pukul 02.25 WIB.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Esthi Maharani
Susasana jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono pada KM 603-604 yang terendam banjir di Desa Glonggong, Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/3/2019).
Foto: ANTARA FOTO
Susasana jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono pada KM 603-604 yang terendam banjir di Desa Glonggong, Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (7/3/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasamarga Ngawi Kertosono (JNK) pada Jumat (8/3) sudah membuka kembali jalur Tol Caruban-Madiun setelah genangan air mulai surut. General Manager Operasi dan Pemeliharaan JNK Charles Lendra mengatakan pembukan jalur tol tetsebut sudah dilakukan sejak pukul 02.25 WIB.

"Genangan air yang mulai surut dengan ketinggian air diperkirakan lima cm sehingga dianggap aman untuk dapat dilalui kendaraan," kata Charles, Jumat (8/3).

Sebelumnya, akibat adanya genangan air dari luapan Sungai Jeroan, jalur Tol Caruban-Madiun dari kilometer 603+600 sampai kilometer 604+000 sempat terputus selama 24 Jam lebih. Dengan keadaan tersebut, dilakukan rekayasa lalu lintas dengan pengalihan jalur maupun pemberlakuan sistem contra flow.

Charles memastikan saat ini lokasi bekas genangan air telah dilakukan pengaturan dan pemberian rambu-rambu petunjuk demi keamanan pengguna jalan. Selain itu, kata dia, PT JNK juga akan terus melakukan pemantauan terhadap ketinggian air pada jalur tol yang di sekitarnya tergenang air.

"Kami juga melakukan pemantauan terhadap cuaca sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi kejadian serupa," tutur Charles.

Dia mengatakan JNK juga menyiapkan kantong pasir untuk menahan masuknya air kembali ke dalam jalur tol. Ke depan, lanjut dia, apabila diperlukan juga akan disiapkan mesin pompa air di titik genangan sebagai upaya agar air lebih cepat surut.

"Pengguna jalan diimbau untuk tetap berhati-hati dan waspada apabila berkendara, terutama pada saat hujan. Kami berupaya agar pengguna jalan tol dapat berkendara di jalan tol dengan lancar, aman, dan nyaman," ungkap Charles.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement