Sabtu 09 Feb 2019 17:05 WIB

Bulog Lampung Beli Jagung Petani

Perkiraan panen petani di Lampung Timur mencapai 30 ribu hektare.

Panen jagung
Panen jagung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Bulog Divre Lampung membeli jagung petani di Lampung Timur guna menstabilkan harga komoditas tersebut. Sebanyak 11 ton dibeli Bulog Lampung.

"Bekerja sama dengan Gapoktan Harapan Bersama serta berkoordinasi dengan Kodim 0429/Lampung Timur, Bulog melakukan pembelian jagung petani Desa Sadar Sriwijaya Kecamatan Sribawono Lampung Timur sebanyak 11 ton," ujar Kasi Sekretariat Umum dan Humas Bulog Divre Lampung, Rifki Ismail, di Bandarlampung, Sabtu (9/2).

Ia menyebutkan stabilisasi harga suatu komoditas khususnya pangan, tidak hanya perlu dijaga dari sisi tingkat konsumen namun juga perlu dijaga di tingkat produsen atau petani.

Berdasarkan informasi data Dinas Pertanian, perkiraan panen jagung yang berlokasi di Lampung Timur sekitar 30.000 hektare. Perum Bulog Divre Lampung, lanjutnya, sebagai perpanjangan tangan pemerintah menindaklanjuti hal ini dengan berkunjung ke lokasi panen agar dapat berkomunikasi langsung dengan petani.

Menurutnya, untuk menjaga stabilisasi harga di tingkat produsen, pemerintah telah menetapkan harga acuan pembelian sebesar Rp 3.150 per kilogram. Penetapan ini dilakukan melalui Permendag Nomor 27/M-DAG/PER/5/2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen.

Namun demikian, menurutnya, harga pembelian yang dilakukan oleh Bulog pada kali ini dilakukan di atas harga acuan tersebut dengan memberlakukan pembelian secara komersial. Hal tersebut lanjut Rifki, dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah ke petani jagung agar tetap berperan dalam kontribusi pembangunan pertumbuhan ekonomi serta dapat memberikan suatu semangat baru untuk terus meningkatkan potensi sektor pertanian yang ada di Indonesia.

Peranan sektor pertanian sendiri berpengaruh penting dalam memberikan kontribusi bagi pembangunan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani. Sehingga, dukungan pemerintah kepada petani dalam bentuk apapun sangat dibutuhkan agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani, dan belakangan ini beberapa lokasi di daerah Lampung telah menunjukan potensi panen jagung. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement