REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Hari Belanja Online Nasional (Harbonas) 2018 ditargetkan menebus angka tujuh triliun rupiah. Dengan 300 pelaku usaha online ini, IDEA positif target transaksi Rp 7 triliun akan didapatkan.
“Kita targetkan Harbonas tahun ini 7 triliun ,” kata Ketua Assosiasi E-Commerce Indonesia (IDEA), Ignatius Untung saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (12/12).
Dibandingkan tahun lalu, terang Ignatius tentu saja target Harbonas 2018 jauh lebih besar. Harbonas tahun lalu IDEA hanya menargetkan Rp 4,7 triliun sedangkan tahun ini tujuh triliun rupiah.
“Tahun lalu Rp 4,7 triliun itu jumlah pesertanya 200an nah tahun ini pesertanya 300-an lebih. Kita melihat jumlah peserta lebih banyak 300an lebih jadi harusnya 7 triliun sampai (bisa terwujud),” kata dia.
Pantauan IDEA lanjut Ignatius, sejak pagi tadi pengujung situs belanja online sudah mulai berlomba-lomba berselancar mencari promo menarik yang ditawarkan tiap-tiap e-commerce. Namun untuk data pastinya, Ignatius mengaku belum mendapatkan karena harus melakukan pantauan terlebih dahulu kepada 300 e-commerce tersebut.
Yang pasti tambahnya, melalui Harbonas ini terdapat nilai positif dan nilai tambah bagi industri digital Indonesia. Termasuk nilai tambah untuk membangkitkan para pelaku e-commerce dan meningkatkan gairah industri e-Commerce di Indonesia.