Rabu 12 Dec 2018 00:42 WIB

Pesantren Jadi Penguat Ekonomi Syariah

Pesantren bisa memperkuat dalam hal rantai produk halal.

Rep: amri amrullah/ Red: Dwi Murdaningsih
Halal
Foto: muslimdaily
Halal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekonomi syariah menjadi program penting penguatan ekonomi oleh Bank indonesia. Salah satu penggerak ekonomi syariah adalah dunia Pesantren.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag), Abdurrahman Mas'ud mengatakan sudah sangat tepat penguatan kemandirian ekonomi syariah melalui pesantren. Khususnya dalam penguatan rantai produk halal dari lingkungan pesantren.

Dalam dua dekade belakangan ini, model ekonomi syariah semakin menguat. Dan sistem ekonomi syariah saat ini menjadi andalan untuk mendukung keadilan ekonomi di masyarakat. Dalam peta jalan pengembangan ekonomi syariah yang lebih luas, kata Mas'ud, pengembangan ekonomi pesantren saat ini sangat strategis. Sebab peran pesantren tidak lepas dari lembaga pendidikan, dan lembaga dakwah, tapi juga embaga pengembangan perekonomian umat.

Saat ini, diakui Mas'ud, jumlah pengembangan ekonomi pesantren telah diperkuat oleh kemenag. "Saat ini sudah ada beberapa pesantren yang terbukti bisa menghasilkan lifeskill bagi santri dan menghidupkan kemandirian ekonomi pesantren," kata Mas'ud, dalam sambutan diskusi Indonesia Shari'a Economic Festival (ISEF), Selasa (11/12).

Saat ini, terang dia, produk ekonomi pesantren bukan hanya bisa dijual, namun juga bisa diekspor ke luar negeri. Karena itu kedepan produk pesantren dan program ekonomi pesantren bisa disinergikan. Perlu ada peta jalan bersama penguatan rantai produk halal pesantren.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement