Ahad 02 Dec 2018 05:58 WIB

Negara-Negara G-20 tak Sepakati Perubahan Iklim

Hanya 19 dari mereka setuju untuk memerangi perubahan iklim

Rep: Farah Noersativa/ Red: Esthi Maharani
Para Kepala Negara atau yang mewakili peserta KTT G20, berfoto bersama pada pembukaan KTT G20, di Buenos Aires, Argentina, Jumat (30/11/2018).
Foto: Antara/Reuters/Marcos Brindicci
Para Kepala Negara atau yang mewakili peserta KTT G20, berfoto bersama pada pembukaan KTT G20, di Buenos Aires, Argentina, Jumat (30/11/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Para pemimpin Kelompok G-20 sepakat untuk memperbaiki sistem perdagangan dunia setelah melalui pembicaraan yang sulit, pada Sabtu (1/12) waktu setempat. Namun, hanya 19 dari mereka setuju untuk mendukung kesepakatan Paris tentang memerangi perubahan iklim, kecuali Amerika Serikat.

Dilansir di laman Fox Business, pernyataan KTT resmi mengakui adanya kekurangan dalam perdagangan global. Hal itu berujung pada panggilan untuk mereformasi World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia. Meskipun demikian, pernyataan itu tidak menyebutkan kata proteksionisme, setelah para perunding mengatakan mereka telah menemukan perlawanan dari Amerika Serikat.

"Semua orang setuju bahwa WTO harus direformasi. Ini adalah kesepakatan penting,” kata Kanselir Jerman Angela Merkel.

Tepuk tangan merebak di ruang pertemuan ketika para pemimpin, termasuk Presiden AS Donald Trump, menandatangani pernyataan akhir di akhir pertemuan dua hari itu .

Perjanjian tidak mengikat itu dicapai setelah pembicaraan oleh para diplomat membentang semalam dan menjadi siang hari pada hari Sabtu, di tengah perpecahan yang mendalam antara negara-negara anggota. Para pejabat Uni Eropa mengatakan Amerika Serikat adalah pemegang kekuasaan utama di hampir setiap masalah. Trump juga mengkritik WTO dan mengambil kebijakan perdagangan agresif yang menargetkan Cina dan Uni Eropa.

Sementara Cina juga mendorong pembicaraan tentang baja. Lalu, Afrika Selatan keberatan dengan bahasa tentang perdagangan. Australia sendiri tidak ingin pernyataan itu membuat terlalu lunak pada migrasi, sementara Turki khawatir itu akan mendorong terlalu jauh pada perubahan iklim.

Dengan ketegangan perdagangan antara AS dan Cina mendominasi KTT, orang Eropa berusaha untuk bermain mediator. Mereka juga menurunkan harapan mereka, memotong menyebutkan meningkatnya proteksionisme, yang terutama ditujukan pada Trump.

Bahasa terakhir dari pernyataan itu mengatakan, mengenai iklim, bahwa 19 negara yang menanda-tangani kesepakatan Paris. Mereka menegaskan kembali komitmen mereka.

Sementara AS menegaskan kembali keputusannya untuk mundur. Ini juga mencatat laporan terbaru AS yang memperingatkan kerusakan akibat pemanasan global akan jauh lebih buruk daripada yang ditakutkan sebelumnya, dan menyatakan dukungan untuk pertemuan iklim PBB yang akan datang di Polandia dimaksudkan untuk memahami bagaimana negara-negara akan memenuhi janji yang dibuat dalam kesepakatan Paris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement