Rabu 28 Nov 2018 18:53 WIB

PLN Alokasikan Rp 3,19 Miliar Tanam 22 Ribu Pohon

PLN gandneg pesantren untuk menanam pohon.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
PLN Sumbar menanam 1.000 bibit pohon produktif dan pelindung di kawasan Danau Maninjau, Agam, Sumatra Barat.
Foto: Republika/Sapto Andiko Condro
PLN Sumbar menanam 1.000 bibit pohon produktif dan pelindung di kawasan Danau Maninjau, Agam, Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PLN menanam 22 ribu pohon di wilayah-wilayah operasional PLN, Rabu (28/11). Aksi ini dilakukan serentak oleh 22 unit kerja PLN se-Indonesia.

Menurut General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat Iwan Purwana, total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 22 ribu pohon sebesar Rp 3,19 miliar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.

"Pada Program penghijauan di tahun 2018 ini, masing-masing PLN Unit Induk ditargetkan menanam pohon minimal sebanyak 1.000 pohon," ujar Iwan.

Iwan mengatakan, PT PLN (Persero) UID Jawa Barat melaksanakan penanaman yang dipusatkan di Pondok Quran Boarding School yang beralamat di Bukit Citarik RT 01/05 Desa Girimekar, Kecamatan Cilengkrang Kab Bandung.

Menurut Iwan, ia bekerja sama dengan Yayasan Buana Hijau Sejahtera, PLN UID Jabar mengusung konsep pembangunan Arboretum-ku Bersinar sebagai pusat koleksi pohon asli dan buah tropis. Nantinya, lahan yang ditanami terdiri dari beraneka jenis pohon yang ke depan dapat dimanfaatkan untuk aktivitas produktif maupun sebagai sarana pembelajaran.

Untuk menjamin keberlanjutan program ini, kata dia, turut digandeng Lembaga Pendidikan yaitu Pondok Pesantren di beberapa wilayah yang mempunyai lahan potensial untuk ditanami untuk dijadikan sebagai Arboretum Pohon Asli dan Buah Tropis Indonesia Berbasis Pesantren.

Enam Pondok Pesantren yang berada di tiga daerah aliran sungai yang berbeda antara lain Pondok Quran Boarding School dan Pondok Pesantren Al-Logawi yang merupakan daerah tangkapan air bagi DAS Citarum, SMP IT Al-Fawaz berada di hulu DAS Cimanuk, Madrasah Al-Furqon dan Ponpes An-Nuur yang berada di daerah tengah DAS Cimanuk serta Ponpes Suryalaya yang merupakan daerah Hulu bagi DAS Citanduy.

Dalam kesempatan ini, kata dia, sejumlah 3.805 bibit pohon akan ditanam di beberapa lokasi. Adapun jenis pohonnya antara lain, pohon puspa, manglid, surian, saninten, kayu manis, sengon, dan glodokan tiang. Sedangkan jenis pohon buah-buahan seperti pohon kupa, ceremai, kedongdong, durian, rambutan, nangka, jambu kristal dan pohon buah lainnya.

“Intinya pohon itu kan salah satu komponen penting dari keseimbangan lingkungan kita," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement