Kamis 01 Nov 2018 15:19 WIB

PGN dan BUMN Karya Kerja Sama Penggunaan Jargas

PGN juga membuka pintu kerja sama seluas-luasnya bagi pengembang properti.

Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melakukan pengecekan rutin instalasi Satsiun Transmisi Sumatera-Jawa di Labuhan Maringgai Lampung Timur, Lampung, Senin (15/10).
Foto: Antara/Ardiansyah
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melakukan pengecekan rutin instalasi Satsiun Transmisi Sumatera-Jawa di Labuhan Maringgai Lampung Timur, Lampung, Senin (15/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) bersama sejumlah BUMN Karya dan Perum Perumnas menyepakati kerja sama pemasangan jaringan gas. BUMN Karya itu terdiri atas PT Hutama Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

"Nota kesepahaman kerja sama ini menunjukkan sinergi BUMN yang kian kuat, masing-masing BUMN mempunyai kemampuan dan produk atau jasa yang berguna bagi BUMN lainnya," Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/10).

  

Kerjasama tersebut ditandai dengan adanya penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) oleh direksi masing-masing BUMN yang terlibat. Gigih Prakoso mengatakan  penandatanganan MoU terkait pemasangan jargas pada fasilitas Transit Oriented Development (TOD).

Namun, kerjasama itu tak menutup kemungkinan untuk penggunaan ataupun pemasangan jargas pada fasilitas lainnya. Nota Kesepahaman (MoU) dimaksudkan sebagai pedoman perencanaan dan persiapan pelaksanaan kerja sama dalam rangka menciptakan kemitraan dan sinergi bisnis yang saling menguntungkan.

Melalui MoU tersebut, masing-masing pihak akan memberikan dukungan dan kontribusinya sesuai dengan keahlian, kemampuan dan kewenangan yang dimiliki. "Pada pelaksanaan kerja sama yang nanti disusun dalam perjanjian, bisa dilakukan oleh anak usaha," tegas Gigih.

Sejauh ini, hampir seluruh BUMN Karya tengah menggarap proyek hunian berbasis TOD. Semisal, PT Adhi Karya (Persero) Tbk masih melakukan pengerjaan penyelesaian LRT City, PT Waskita Karya (Persero) Tbk tengah membidik pengembangan TOD di Bogor. Gigih menilai sejalan dengan konsep kemajuan teknologi transportasi yang dipadukan bersama kualitas hunian, penggunaan gas bagi kebutuhan kehidupan cukup menjanjikan untuk masa depan.

"Penggunaan gas lebih ramah lingkungan," katanya.

Selain itu, PGN juga membuka pintu kerja sama seluas-luasnya bagi pengembang properti dan proyek infrastruktur lainnya. Sebab, untuk proyek hunian skala rumah tangga, jargas PGN mampu memberikan banyak manfaat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement