REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hotel merupakan salah satu elemen yang penting ketika pergi berlibur ataupun perjalanan bisnis baik di dalam maupun luar negeri. Setiap orang memiliki pilihannya masing-masing dalam menentukan hotel.
Pemesanan hotel untuk tempat menginap saat ini sudah lebih mudah. Yakni menggunakan platform pemesanan penyedia jasa travel dan lifestyle, seperti Traveloka.
Kini, Traveloka akan menggelar acara Traveloka Hotel Awards 2018 pada Jumat, 19 Oktober 2018 di ICE BSD City. Ini adalah kali kedua Traveloka mengadakan acara penghargaan untuk mitra hotel mereka.
Penghargaan ini akan diberikan pada 239 mitra hotel Traveloka di kawasan Asia Tenggara yang memiliki ulasan positif sepanjang 2017. Seperti tahun sebelumnya, Traveloka Hotel Awards 2018 juga menggunakan ulasan konsumen sebagai dasar pemilihan pemenang. Ulasan konsumen tersebut meliputi empat kategori aspek, yaitu food, cleanliness, service, dan overall.
Ulasan konsumen berdampak besar terhadap industri pariwisata, khususnya di bidang perhotelan. Ini juga didukung dengan tingkat penetrasi internet dan teknologi yang cukup tinggi di Asia Tenggara.
Dengan internet, konsumen menjadi lebih mudah dalam mengakses informasi. Di saat yang bersamaan pihak hotel dapat saling terhubung dengan konsumen mereka melalui platform digital.
“Hal ini yang menginspirasi kami mengadakan Traveloka Hotel Awards sejak tahun lalu. Yaitu memberikan apresiasi pada mitra hotel yang telah mendengarkan ulasan konsumen dan memberi pelayanan terbaik sepanjang tahun,” kata GM Accomodation Traveloka , John Safenson dalam acara Press Briefing Traveloka Hotel Awards 2018 di The Hook Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/10).
Seiring meningkatnya penggunaan aplikasi sebagian besar pengguna akan membaca ulasan daring sebagai referensi sebelum memesan kamar hotel. Hal ini menunjukkan adanya rasa kepercayaan dari pengguna terhadap hotel yang memiliki banyak ulasan positif.
Senior Manager Product Traveloka Deo Wijaya menambahkan ada pertumbuhan sebesar dua digit untuk mitra hotel Traveloka yang memiliki ulasan positif dari konsumen.
“Beberapa bahkan telah meningkat pertumbuhannya hingga dua atau tiga kali lipat dari tahun lalu,” ujar Deo.
Sisi lain, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengungkapkan industri perhotelan saat ini sangat bergantung pada teknologi dan ulasan pengguna. Ulasan pengguna, kata Hariyadi, merupakan salah satu cara para konsumen untuk memberikan apresiasi, kebutuhan, dan keinginan mereka langsung pada pihak hotel.
“Dari sisi hotel mereka dapat terhubung secara langsung dengan para konsumen dan dapat membantu pihak menajemen meningkatkan layanan dan kualitas hotel tersebut,” kata Hariyadi.